3 Tips Penting Terhindar Dari Virus Malware Facebook

2
33
tips hindari malware facebook
Artikel Bermanfaat? Bagikan sekarang juga

Pendahuluan

Facebook yang merupakan jejaring sosial raksasa terbesar di seluruh dunia memang sangat tinggi peminatnya. Seiring dengan itu semua, semakin tingginya tingkat penggunaannya, untuk sebuah media sosial maka akan semakin tinggi pula tingkat resiko masalah yang bisa saja mengancam penggunanya.

Virus malware pada facebook, sering sekali menyerang penggunanya yang tidak paham dan tidak jeli akan mode penyebaran dan penyerangan virus tersebut kedalam sebuah akun facebook seseorang.

Banyak dampak yang merugikan akibat ulah daripada muncul nya virus mallware yang satu ini. Virus malware sendiri lebih sering menjebak korban nya lewat tautan-tauan atau link yang mengarahkan si korban nya ke sebuah tampilan tatap muka palsu yang mengatasnamakan sebuah situs online ternama.

Dari situlah calon korban nya akan diminta untuk memasukkan identitas (ID) dan juga kata sandi jejaring sosial facebook korbannya. Begitu anda mengklik tombol kirim / submit, saat itu juga akun facebook  kamu sudah dimiliki oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Meski terlihat menakutkan, jika kita cermati ternyata masih ada banyak upaya dan kiat-kiat pencegahan yang dapat dilakukan untuk dapat terhindar dari virus Malware  yang satu ini. Berikut ulasannya. Berikut  3 Tips Terhindar dari Virus Malware Facebook

Tips Terhindar dari Malware Facebook

tips hindari malware facebook

Dari begitu banyaknya kiat yang dapat dilakukan, aku mencoba untuk merangkum nya seringkas mungkin menjadi 3 poin penting, diantara nya ;

1. Jangan Pernah Sembarang klik link atau tautan 

Pada dasarnya virus malware ini menjebak korbannya dengan godaan situs-situs dewasa yang menampilkan gambar-gambar vulgar. Hanya saja itu merupakan sebuah pancingan belaka, untuk menarik korbannya tergiur untuk mengklik tautan tersebut. Dan pada saat itu juga akun Facebook milik mu yang masih tersambung akan berhasil diambil alih . diretas oleh virus malware tersebut.

Baca juga : Siasati Bau Tak Sedap dengan Aroma Terapi Kopi, Dijamin Ampuh!

Secara umum, situs palsu disebutkan dengan istilah pishing, atau menciptakan situs tiruan yang sangat mirip dengan situs aslinya. Biasa nya pada kasus ini, banyak korban nya akan tertipu dengan iming-iming hadiah yang mengatasnamakan Perusahaan atau merk-merk usaha besar tertentu. Untuk itu, pastikan kamu telah memvalidasi informasi nya ya, sebelum memutuskan untuk mencari tahu lewat situs tersebut. Bila perlu hubungi dan cari informasi melalui situs resmi dari Perusahaan yang menghubungi mu. Ingat! Perusahaan ternama dan besar, akan sangat profesional dalam melakukan apapun, termasuk menyelenggarakan sebuah kegiatan kompetisi berhadiah misalnya.

2. Jangan Pernah Menyimpan Sandi di Perangkat Tak di Kenal

Jika kamu ceroboh dan membiarkan sandi mu tetap terhubung pada suatu browser atau perangkat tak dikenal, akan semakin memudahkan para peretas untuk dapat mengakses akun facebok mu. Dan tentu saja dapat dengan leluasa menggunakan setiap privasi mu dalam facebook yang nantinya dapat merugakan mu.

Kejadian yang paling sering terjadi adalah, banyak akun facebook yang berhasil diretas oleh hacker karena sembarangan menggunakan/menyimpan kata sandi media sosial nya tersebut di perangkat yang tak dikenal, seperti di warnet atau komputer umum misalnya. Apapun yang terkoneksi dengan internet, berarti bersifat publik atau dapat di akses oleh siapapun di internet juga. Jadi, kebijaksanaan dan ketelitian kamu sangat dibutuhkan disini. Tetaplah berhati-hati!

3. Jangan Sembarang Menggunakan Wi-Fi di tempat tak dikenal

Cara kerja nya hampir sama dengan peretasan yang dapat terjadi lewat browser. Jika sembarangan LOGIN pada jaringan Wi-Fi yang tidak dikenal, maka akan semakin besar pula virus malware menyerang akun facebookmu. Saat virus tersebut sudah berhasil masuk, maka akun Facebook milikmu hanya akan menjadi kenangan saja.

Pada poin ini, cara kerja nya cenderung mirip dengan ketika seorang peretas yang berhasil meretas media sosial seseorang karena menggunakannya di warung internet yang bersifat publik, begitu pun dengan jarigan wi-fi, umumnya koneksi gratis akan menjadi ladang empuk bagi para peretas, untuk menyusupi gadget atau komputer mu dengan virus. Dan jika sudah terkena, maka bisa jadi akun media sosial mu, kini berada ditangan si peretas.

Penutup

Bagaimana pun juga inti dari semua ini adalah kehati-hatian. Selama kamu hati-hati dan cermat dalam menggunakan media sosial, maka selama itu pula niscaya kamu akan tetap aman dari gangguan hacker dan sejenisnya.

Itu dia “3 Tips Penitng Terhindar Dari Virus Malware Facebook” . Tetap waspada dan teliti, sedikit kesalahan serta kecerobohan akan membuat mu merasakan kerugian yang akan sangat-sangat membuatmu tidak nyaman. Berhati-hatilah dan semoga bermanfaat.


Artikel Bermanfaat? Bagikan sekarang juga

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here