8 Cara Memperpanjang Usia Laptop Kamu

0
114
Artikel Bermanfaat? Bagikan sekarang juga

Laptop merupakan sebuah komputer jinjing yang dapat kamu bawa kemana pun kamu mau. Ukurannya yang relatif lebih kecil dan simple dari komputer pada umumnya membuat banyak sekali orang saat ini lebih memilih untuk menggunakan laptop ketimbang komputer biasa itu sendiri.

Selain desain yang ramping, perangkat sebuah laptop cenderung lebih canggih dan lengkap dari komputer biasa. Hal ini dapat kita lihat dari banyak nya spesifikasi yang ditawarkan brand-brand laptop tertentu yang di jual pasaran.

Namun jangan salah, secanggih apapun laptop yang kamu miliki, tentunya tidak akan dapat bertahan dalam waktu yang lama jika kamu sembarangan dalam menggunakannya. Apa-apa saja cara untuk memperpanjang usia laptop kamu”? berikut ke 10 Cara Memperpanjang Usia Laptop Kamu.

1.HIndari Guncangan Keras Pada Laptop

Laptop merupakan sbeuah perangkat yang sangat sensitif terhadap guncangan. Hal ini terjadi akibat banyaknya perangkat-perangkat kecil yang tertanam didalam laptop kamu. Guncangan keras pada laptop dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada perangkat-perangkat tersebut.

2. Beri Waktu Istirahat 

Sama halnya dengan manusia, jika laptop dipakai dalam waktu yang cukup lama maka akan meningkatkan resiko kerusakan pada perangkat yang ada didalamnya. Untuk itu, usahakan untuk memberikan jeda waktu saat kamu menggunakannya.

3. Jangan Pernah Menginstal Game Didalamnya

Jangan salah, meski menggoda pengaruh game sangat lah tinggi dalam urusan merusak komponen yang terdapat didalam laptop kamu. Untuk itu, jika kamu ingin laptop mu berumur panjang coba pikir kembali untuk menginstal game didalamnya .

4. Jangan Pernah Menggunakan Laptop Pada Saat Di Charger

Penggunaan laptop pada saat mencharger dapat meningkatkan suhu panas pada mesin dan juga baterai laptop. Kemungkinan terburuknya, akibat panas yang berlebih itu tadi dapat memicu terjadi nya kebakaran pada perangkat yang ada didalamnya.

5. Jauhkan Laptop Kamu Dari Yang Namanya Air

Elektronik manapun akan mengalami korsleting pada mesinnya apabila terkena air. Begitu juga dengan laptop, jika terkena air maka akan terjadi korsleting pada mesin yang mengaliri energi listrik didalamnya.

6.  Bersihkan Laptop Dari Debu Secara Berkala

Debu kelihatannya memang sangat sepele, namun karena debu ini juga lah laptop kamu tidak dapat beroperasi dengan baik. Debu yang menutupi kipas misalnya, dapat mempengaruhi kinerja dari padad pad/kipas pada laptop kamu.

7. Pasang Stiker Pada Casing dan Anti Gores Pada Layarnya

Untuk tips yang satu ini mungkin sudah kamu ketahui sebelumnya, Stiker dapat melindngi stiker asli laptop kamu dari kotoran dan tetap menjaga warna dan bentuk asli pada stiker bawaan laptop kamu.

8. (Jika Perlu) Bongkar sesekali laptop kamu

Bongkar sesekali laptop kamu dan bersih kan bagian dalam laptop dari debu dan kotoran yang melekat. Namun untuk tips yang satu ini hanya boleh kamu lakukan jika tahu cara memasang kembali laptop yang hendak kamu bongkar. Tahu sendiri apa dampaknya jika sembarang membongkar. Semoga bermanfaat.

 


Artikel Bermanfaat? Bagikan sekarang juga

1 KOMENTAR

  1. kemungkinan baterainya suda soak/tidak optimal lagi gan.
    Sudah di coba untuk 'Kalibrasi Baterai' belum ?
    Atau coba cek pengaturan penggunaan dayanya, barangkali penggunaan baterainya di setting tidak untuk 'hemat pemakaian', sehingga menyebabkan keborosan yang membuat baterai cepat lowbat/drop.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here