Annual Fee Kartu Kredit : Pengertian, Tujuan hingga Cara Menghapus nya

Annual Fee Kartu Kredit
Artikel Bermanfaat? Bagikan sekarang juga

Annual Fee Kartu Kredit : Pengertian, Tujuan hingga Cara Menghapus nya – Untuk kamu yang sudah memiliki kartu kredit dan rutin menggunakan nya, pasti sudah tak asing dengan istilah Annual Fee Kartu Kredit, bukan ? Tak jarang seperti pengalaman saya, ketika pertama kali ditawari pembuatan kartu kredit oleh marketing suatu layanan keuangan / bank, maka yang pertama disampaikan adalah pembebasan layanan annual fee.  Meskipun mungkin tidak semua marketing kartu kredit yang menawarkan hal demikian, pada umum nya layanan perbankan khusus kartu kredit memang memberikan kebebasan dalam pembayaran annual fee pada tahun pertama. Sering mendengar istilah ini, lalu apakah yang dimaksud Annual Fee kartu kredit, tujuan hingga cara mengajukan penghapusan nya? Berikut aku rangkum secara rinci pada artikel kali ini.

 

Pengertian, Tujuan dan Cara Menghapus Annual Ffee Kartu Kredit

 

Pengertian Annual Fee

Annual fee adalah biaya layanan tahunan yang harus dibayarkan pemilik sebuah layanan kartu kredit sebagai kompensasi layanan hingga fasilitas yang diberikan oleh bank penerbit kartu. Sederhana nya, annual fee dibebankan kepada pengguna, guna semakin mendukung peningkatan layanan kartu kredit pada seluruh pengguna nya. Seperti program promo, cashback, potongan harga dan penawaran lainnya, adalah bagian dari dibebankan nya biaya tahunan ini kepada konsumen. Lalu berapa besaran biaya layanan tahunan yang dibebankan kepada pengguna kartu? Jawaban nya adalah beragam, karena beberapa bank memiliki kebijakan perhitungan yang berbeda-beda ketika menetapkan biaya layanan tahunan pada produk kartu kredit yang kita miliki.

 

Tujuan Pemberlakuan Biaya Layanan Tahunan Kartu

Seperti yang aku sebutkan pada paragraf sebelumnya, adapun tujuan pemberlakukan biaya layanan tahunan diperuntukkan sebagai biaya peningkatan layanan, program layanan, hingga penawaran promo dan lain sebagainya. Meski demikian, tanpa adanya annual fee sebenarnya pihak penyedia layanan kartu kredit sudah mendapatkan insentif atau keuntungan dari beragam biaya-biaya lainnya, seperti bunga penggunaan layanan, biaya administrasi layanan, biaya denda jika kamu telat membayarkan tagihan, hingga biaya materai dan lain-lain.

Baca juga : Cara Bayar Tagihan Kartu Kredit Dengan Cepat

Apakah Kita Bisa Mengajukan Penghapusan Biaya Annual Fee ?

Jika ada pertanyaan apakah biaya layanan tahunan dapat dihapuskan atau tidak, maka jawaban nya adalah bisa. Meski demikian, biaya layanan tahunan ini bisa dihapuskan hanya ketika kita sebagai pengguna kartu terlebih dahulu melakukan konfirmasi dan permintaan penghapusan. Apakah sulit? Berdasarkan pengalaman yang aku miliki, tidak terlalu sulit untuk melakukan permintaan penghapusan ini, hanya saja diperlukan beberapa persiapan, seperti mengingat data pribadi kamu sebagai pemilik kartu seperti nama lengkap, tanggal lahir, nama ibu kandung hingga alamat penagihan kartu, hal ini dilakukan untuk validasi bahwa benar jika kita adalah pemilik sah atas kartu tersebut.

Baca Juga : Cara Membayar Annual Fee Kartu Kredit Bank MEGA

Lalu, bagaimana cara mengajukan penghapusan biaya annual fee kartu kredit ? Mudah, berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan mengajukan permintaan penghapusan biaya annual fee kartu kredit :

  1. Pertama sekali, pastikan bahwa kamu mendapatkan tagihan pembayaran kartu yang mengharuskan kamu untuk membayarkan biaya layanan tahunan, nama tagihan biasa nya disebutkan dengan istilah ‘annual fee’.
  2. Kedua, siapkan beberapa dokumen seperti ktp, kartu kredit, dan dokumen tagihan dengan penambahan biaya tahunan. Ini diperlukan pada saat petugas layanan kartu kredit untuk melakukan verifikasi kepemilikian kartu. Ohya pastikan semua dokumen nya adalah milik kamu ya, jangan punya tetangga 😀 .
  3. Yang selanjutnya perlu kamu lakukan adalah, menelpon layanan pelanggan / customer service kartu kredit, nomor pelanggan nya bisa kamu cari di internet, website resmi layanan kartu kredit yang kamu miliki, atau pada nomor yang tertera di kartu fisik kartu kredit.
  4. Saat panggilan telah tersambung, kamu mungkin perlu untuk menekan beberapa angka untuk memilih layanan panggilan yang kamu butuhkan, dan pastikan kalau kamu memilih layanan untuk “untuk berbicara secara langsung dengan customer service”.
  5. Ketika kamu telah terhubung dengan petugas nya, sampaikan bahwa kamu hendak meminta pengajuan biaya layanan tahunan yang baru saja kamu terima.
  6. Pada tahapan ini adalah saat yang penting, dimana umum nya layanan penyedia kartu kredit tidak begitu saja akan menerima permintaan kamu. Dan umum nya mereka akan menawarkan beberapa opsi ; membayarkan tagihan biaya tahunan sebesar 50% hingga melakukan pembelanjaan dengan nominal tertentu untuk kemudian menukarkan poin sebagai ganti penghapusan biaya layanan tahunan. Jika kamu mendapatkan tawaran ini, sampaikan bahwa kamu menolak semua opsi yang diberikan, dan hanya mau dihapuskan biaya layanan tahunan nya.
  7. Untuk menguatkan permintaan yang kamu lakukan, sampaikan bahwa kamu adalah pengguna kartu yang aktif, rutin melakukan pembayaran tagihan dan selalu mengikuti aturan yang berlaku.
  8. Selanjutnya biasanya petugas akan meminta waktu beberapa saat untuk mengajukan permintaan penghapusan.
  9. Terakhir, umumnya petugas akan menyampaikan bahwa laporan penghapusan biaya layanan tahunan atau annual fee kartu yang kamu miliki telah di proses, dan kamu akan diberikan nomor pelaporan. Catat nomor pelaporan dengan benar dan simpan dengan baik. Suatu saat mungkin ini akan kamu perlukan, jika pengajuan penghapusan masih belum dilakukan.
  10. Selanjutnya kamu hanya perlu menunggu minimal 2×24 jam hari kerja, hingga menerima pemberitahuan bahwa permintaan penghapusan biaya annual fee kartu yang kamu miliki telah berhasil dilakukan. Meski demikian, mungkin tidak semua layanan menginformasikan hal tersebut, sehingga kamu bisa mencoba untuk membayarkan tagihan kartu kredit yang telah dikurangi dengan nominal biaya annual fee.

Untuk memastikan bahwa kamu tidak lagi dikenakan biaya annual fee dan juga denda karena tidak membayarkan nya pada tagihan sebelumnya, adalah dengan cara melihat tagihan pada bulan selanjutnya. kemungkinan besar berdasarkan pengalaman yang aku miliki proses penghapusan telah berhasil dan tidak ada pengenaan denda karena tidak membayarkan biaya tahunan pada tagihan sebelumnya. Namun bisa saja kamu memiliki situasi dan kasus yang berbeda, misalnya justru menerima kembali tagihan biaya layanan tahunan dan juga denda. Jika hal ini terjadi, maka kamu sebaiknya kembali menelpon layanan pelanggan kartu kredit, dan laporkan keluhan yang kamu alami dengan menyertakan nomor pelaporan yang kamu dapatkan pada panggilan sebelumnya.

Kesimpulan

Kesimpulan daripada annual fee pada artikel kali ini adalah bahwa pengenaan biaya annual fee sah-sah saja untuk dilakukan, meski demikian kita sebagai konsumen tidak secara paksa diwajibkan untuk membayarkan biaya layanan ini. Meski terdengar mudah, tidak sedikit juga pengguna kartu kredit yang tidak mengetahui hal ini, sehingga tetap membayarkan biaya layanan tahunan kartu yang dimiliki. Hal ini juga tidak lah salah, dan kembali kepada hak masing-masing konsumen. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat ya.


Artikel Bermanfaat? Bagikan sekarang juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *