Biaya Pembuatan SIM GRATIS Di Tahun 2021, Simak Ketentuannya

0
116
Pembuatan SIM Gratis 2021
Artikel Bermanfaat? Bagikan sekarang juga

Biaya Pembuatan SIM GRATIS di 2021 – Surat Izin Mengemudi atau yang biasa kita dengar dengan istilah SIM merupakan salah satu syarat administrasi yang berlaku dibeberapa negara khususnya Indonesia, untuk mendapatkan izin ketika kita mengendarai sebuah kendaraan bermotor, baik itu roda dua seperti motor dan roda empat seperti mobil dan sejenisnya.

Seperti yang kita tahu, Pemerintah Indonesia tepatnya Kepolisian Republik Indonesia yang berwenang dalam urusan pembuatan dan validasi SIM ini tadi, selama ini memberlakukan biaya pada tiap orang yang hendak membuat SIM baru, sesuai dengan tingkatan SIM nya masing-masing.

Jenis-jenis Surat Izin Mengemudi

Pembuatan SIM Gratis

Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa jenis SIM yang sah dan dikategorikan berdasarkan tingkatan jenis kendaraannya masing-masing, apa saja?

  1. SIM A
    Bagi Kamu yang sudah mahir mengemudikan mobil, maka kamu harus wajib memiliki sim yang satu ini. SIM A sendiri adalah Surat Izin Mengemudi yang harus dimiliki seseorang yang mengendarai mobil dengan jumlah berat tidak lebih dari 3.500 kg.
  2. SIM B1
    SIM satu ini mungkin akan jarang kamu dengar, itu karena SIM B adalah jenis SIM yang wajib dimiliki oleh seseorang yang mengemudikan mobil berpenumpang dan barang perseorangan yang jumlah beratnya lebih dari 3.500 kg. Seperti bus atau mobil pengangkut barang adalah jenis umum mobil yang mewajibkan pengemudinya memiliki SIM tersebut.
  3. SIM B2
    Berbeda dengan SIM B1, SIM berjenis B2 ini adalah jenis SIM yang harus dimiliki oleh seseorang yang mengemudikan kendaraan alat berat, kendaraan penarik, atau  truk gandeng dengan berat maksimal lebih dari 1000 kg.
  4. SIM C
    Untuk kamu yang saat ini aktif mengemudikan kendaraan bermotor roda dua atau motor pasti tidak asing dengan jenis SIM satu ini. SIM C sendiri adalah SIM yang harus dimiliki seseorang yang mengendarai Sepeda Motor. Secara khusus SIM C dibagi atas beberapa kategori, diantaranya :
    – SIM C1 : Digunakan untuk Sepeda Motor dengan cc dibawah 150 cc.
    – SIM C2 : Digunakan untuk Sepeda Motor dengan cc diatas 250 cc dan maksimal 500 cc
    – SIM C3 : Digunakan untuk mengendarai kendaraan bermotor roda dua diatas 500 cc.
  5. SIM D
    Ini adalah jenis SIM yang terakhir. SIM D sendiri adalah jenis SIM yang wajib dimiliki

Alasan Kenapa Membuat SIM Harus berbayar

Bagi kamu yang hingga saat ini mungkin masih bertanya, kenapa kita harus dikenakan sejumlah biaya pada setiap pembuatan SIM maupun perpanjangan SIM yang kita lakukan selama ini? Jawabannya adalah itu karena semua biaya pembuatan SIM akan masuk ke KAS Negara dengan sebutan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Nah jadi biaya pembuatan SIM akan jadi pemasukan Negara yang kemudian nantinya dipergunakan untuk berbagai keperluan Negara seperti pembangunan infrastruktur, fasilitas umum, dan lain sebagainya.

Benarkah Biaya Pembuatan SIM di 2021 GRATIS?

Pembuatan SIM Gratis 2021

Benar sekali, kabar gembira bagi Kita semua, karena diawal tahun baru 2021 ini ada Kebijakan baik yang tentunya membuat kita terbantu. Presiden kita Bapak Joko Widodo baru-baru ini telah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku di lingkungan Kepolisian Republik Indonesia.

Jika dibaca dari kutipan lembaran PP, pada Sabtu 2 Januari 2020, ada 31 jenis PNBP yang berlaku di linkungan POLRI.

Diantaranya yakni Pengujian untuk penerbitan Surat Izin Mengemudi (SI) baru, penerbitan perpanjangan SIM, pengujian penerbitan uji keterampilan pengemudi dan penerbitan STINK.

Dari PP tersebutlah, yang memungkinkan digratiskannya biaya ke-31 layanan publik, yang didalamnya termasuk pembuatan dan perpanjangan SIM bagi Masyarakat kurang mampu.

Informasi mengenai Pembuatan SIM Gratis di tahun 2021 tersebut semakin diperkuat dengan ketentuan pada PP pasal 7 ayat (!), yang berbunyi :

  Dengan pertimbangan tertentu, tarif atas jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 dapat ditetapkan sampai dengan Rp.0.00 (nol rupiah) atau 0 % (nol persen).

Siapa Saja Penerima Pembuatan SIM Gratis ?

Dari penjelasan atas PP tersebut diatas diperkirakan tentang siapa saja yang nantinya bisa mendapatkan manfaat dari peraturan terbaru ini lho temen-temen, adapun pembagian atas kategori yang akan mendapatkan manfaat ini dibagi atas 7 kelompok, diantaranya adalah

    1. Penyelenggara Kegiatan Sosial
    2. Kegiatan Keagamaan
    3. Kegiatan Kenegaraan
    4. Karena Keadaan di luar Kemampuan untuk membayar
    5. Pelajar/Mahasiswa
    6. Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)
    7. Hingga Masyarakat tidak mampu

Penutup

Demikian informasi mengenai Biaya Pembuatan SIM GRATIS Di Tahun 2021. Dapat disimpulkan bahwa peraturan ini memang sudah disahkan, namun alangkah lebih baik lagi, jika kita menunggu informasi resmi melalui rilis pers Pemerintah khususnya Kepolisian Negara Republik Indonesia, ya teman-teman. Harapannya jika informasi ini benar adanya, akan sangat membantu banyak pihak diberbagai kalangan masyarakat, khususnya pada kategori kelas menengah kebawah. Tak hanya itu, dengan adanya pemberlakukan aturan terbaru ini, akan menghilangkan alasan orang-orang tertentu yang mengendarai sebuah kendaraan khususnya motor namun tanpa memiliki SIM. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa sebarkan berita baik ini ya.


Artikel Bermanfaat? Bagikan sekarang juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here