Ini Cara yang Benar Mengatasi “ATM yang Tertelan”

5
41
cara benar atasi atm tertelan
Artikel Bermanfaat? Bagikan sekarang juga

Pendahuluan

ATM yang dalam bahasa inggris berarti Automated teller machine atau dalam istilah bahasa indonesia nya adalah Anjungan Tunai Mandiri merupakan sebuah fasilitas yang diberikan oleh seluruh pihak Bank dimanapun itu, yang bertujuan untuk memudahkan nasabahnya dalam melakukan transaksi kapan dan dimana pun, seperti menarik uang tunai, melakukan pembayaran berbagai tagihan, hingga melakukan transfer antar sesama pemilik rekening, hanya dengan melalui ATM yang bisa ditemui di tempat-tempat umum seperti supermarket, mall dan gerai ATM.

Kejadian ATM tertelan sudah pasti pernah dialami oleh seluruh pengguna BANK. Dimana ketika memasukkan kartu ATM, biasanya akan terjadi masalah yakni transaksi yang belum selesai, atau bahkan setelah transaksi selesai dilakukan, kartu ATM justru tak kunjung keluar dari slot kartu. Jika hal ini terjadi tentu hal yang sangat umum dan wajar kalau kita sebagai pemiliknya merasa panik dan khawatir. Tapi tenang, tiap masalah yang terjadi di Mesin ATM pasti ada cara untuk bisa atasi masalah tersebut, termasuk atasi ATM tertelan misalnya.

 

Baca juga : 5 Penyebab kenapa “Transfer ATM” Kamu Gagal

 

Hal ini juga pernah bahkan lebih dari satu kali aku alami. Namun beruntungnya, ketika ATM tertelan, aku sedang melakukan transaksi pada mesin yang ada di gerai pada Bank ATM yang aku miliki. Walau sempat panik, karena berada di Bank dengan fasilitas penjagaan yang dimiliki oleh pihak Bank seperti satpam, memudahkan aku untuk langsung bertanya pada orang yang tepat pula.

Setelah melaporkan kalau ATM yang aku miliki baru saja tertelan oleh mesin, pihak penjaga keamanan Bank langsung memberitahu prosedural yang tepat tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya, berikut cara benar atasi ATM yang tertelan.

 

cara benar atasi atm tertelan

 

Langkah Mengatasi ATM Tertelan

  1. Segera pergi ke Kantor Cabang / Pusat dari BANK yang bersangkutan begitu kamu mengalami kejadian ATM yang tertelan.
  2. Hubungi petugas keamanan yang didalam ruangan, dan jelaskan jika kamu ingin mengalami kejadian ATM yang tertelan dan ingin mengurusnya kembali.
  3. Maka akan diberikan nomor antrian pada Customer Service, duduklah dan tunggu hingga giliran antrian kamu tiba.
  4. Setelah berhadapan langsung dengan bagian pelayanan BANK, jelaskan kronologis tertelan nya ATM milikmu.
  5. Maka kamu selanjutnya akan diarahkan untuk mengisi beberapa form pada formulir pengajuan ATM yang tertelan, perhatikan dan isi sesuai dengan apa yang diminta.
  6. Setelahnya kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp.6000 untuk keperluan pembelian materai. Dimana materai ini akan digunakan sebagai bukti sah pada perjanjian aplikasi pengajuan ATM yang tertelan.
  7. Setelah semua tahapan diatas selesai,maka pihak BANK akan memberikan kartu ATM yang baru dan kamu sudah bisa kembali bertransaksi dengan ATM milikmu.

Penutup

Itu dia cara benar mengatasi ATM yang tertelan. Selalu utamakan kewaspadaan dan ketelitian, seringkali tindakan kriminal tidak hanya terjadi karena kelalaian kita. Ketika merasa memiliki masalah ketika berada di mesin ATM, usahakan untuk bertanya “hanya” pada petugas keamanan Bank atau gerai ATM saja, dan jangan pernah meminta maupun menerima bantuan dari orang yang tidak dikenal ya. Semoga bermanfaat.

 


Artikel Bermanfaat? Bagikan sekarang juga

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here