Cara Tepat atasi ATM yang Hilang

atasi atm hilang
Artikel Bermanfaat? Bagikan sekarang juga

Cara Tepat Atasi ATM yang Hilang? – Kebutuhan transaksi perbankan yang kian tinggi, menjadikan kita sangat bergantung dengan yang nama nya ATM atau Anjungan Tunai Mandiri. Baik itu untuk berbelanja, menarik uang dari rekening kita dan transaksi lainnya kini sudah sangat dimudahkan dengan adanya ATM. Lalu apa jadinya jika ATM yang kita miliki tanpa disengaja hilang? Bagaimana dan seperti apa langkah yang harus dilakukan? Berikut ini ulasan tentang Kartu ATM Hilang, Apa yang Harus Dilakukan ?

ATM Hilang, Saya harus Bagaimana ?

kartu atm hilang

Hal pertama yang perlu untuk kamu ketahui adalah dengan memastikan terlebih dahulu, apa kira-kira yang menyebabkan Kartu ATM Hilang. Kenapa ini perlu dilakukan? Itu karena dari tahap awal inilah, kita dapat mengambil tindakan lanjutan, langkah dan prosedur apa yang harus kita lakukan terlebih dahulu. Tentu saja beda penyebab kehilangannya, beda pula cara penanganannya ya teman-teman.

Baca juga : Cara Mengatasi Kartu ATM yang Tertelan

Penyebab : Tercecer dijalan

Jika kamu merasa yakin bahwa Kartu ATM Hilang yang kamu alami adalah kartu tercecer dijalan, maka adapaun langkah-langkah mengatasi Kartu ATM Hilang tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan terlebih dahulu Buku Rekening atas Anjungan Tunai Mandiri yang hilang
  2. Siapkan KTP terdaftar pada rekening yang ATM nya itu tadi hilang (tidak bisa diwakilkan ya teman-teman)
  3. Pergi ke Bank yang sama dengan jenis Bank Kartu ATM yang hilang tersebut
  4. Jangan lupa sesampainya di Bank, jelaskan pada petugas keamanan Bank, bahwa kamu membutuhkan bantuan untuk mengurus Kartu ATM Hilang (Biasanya petugas keamanan Bank akan memastikan terlebih dahulu apakah kamu sudah membawa KTP dan Buku Rekening atas ATM yang hilang tersebut)
  5. Tunggu hingga giliran antrian kamu tiba
  6. Kamu akan bertemu pada petugas Customer Service Bank, selanjutnya jelaskan kronologi hilangnya Anjungan Tunai Mandiri yang kamu miliki
  7. Mereka akan meminta beberapa validasi data, seperti KTP dan buku rekening tabungan yang diawal sudah kamu bawa tadi, beserta beberapa validasi kecocokan data pribadi kamu lainnya. (Biasa nya tanggal lahir, nama lengkap dan juga nama ibu kandung)
  8. Jika memang tidak ada hambatan, maka mereka akan segera mempersiapkan Kartu Anjungan Tunai Mandiri yang baru sebagai pengganti Kartu ATM Hilang yang kamu alami.

Penyebab : Korban Pencurian

Berbeda halnya jika Kartu ATM hilang yang kamu alami adalah karena kamu menjadi korban pencurian (copet, rampok dan lain sebagainya), maka sangat penting untuk kamu melakukan langkah pengurusan Kartu ATM Hilang. Meski demikian, walau memiliki proses yang kurang lebih mirip dengan pengurusan Kartu AnjunganTM Hilang karena tercecer, ada beberapa hal yang memang secara khusus harus kamu lakukan, mengingat disini kondisinya adalah kamu sebagai korban tindakan kejahatan. Berikut langkah-langkah pengurusan Kartu ATM Hilang yang harus kamu lakukan :

  1. Begitu kamu menjadi korban tindakan kejahatan pencurian, sehingga Kartu ATM hilang, maka pertama sekali kamu harus pergi ke Kantor Polisi terdekat pada saat hari itu juga
  2. Jelaskan kepada petugas yang sedang bertugas, bahwa kamu telah menjadi korban pencurian, dan secara spesifik kalau Kartu ATM hilang (bisa juga menjelaskan benda lainnya yang turut dicuri)
  3. Selanjutnya pihak Kepolisian, akan memintai beberapa keterangan hingga meminta data identitas pribadi kamu. (Ini untuk keperluan pencatatan laporan korban kejahatan)
  4. Selanjutnya harusnya kamu akan dibuatkan surat kehilangan resmi dari Kepolisian (kamu juga dapat meminta surat ini, jika misalnya petugas lupa memberikannya)
  5. Urusan di Kepolisian selesai, maka selanjutnya kamu harus pergi ke Bank yang sejenis dengan Anjungan Tunai Mandiri kamu yang hilang. (pastikan membawa KTP, Buku rekening dan tidak diwakilkan)
  6. Jangan lupa sesampainya di Bank, jelaskan pada petugas keamanan Bank, bahwa kamu membutuhkan bantuan untuk mengurus Kartu Anjungan Tunai Mandiri yang Hilang (Biasanya petugas keamanan Bank akan memastikan terlebih dahulu apakah kamu sudah membawa KTP dan Buku Rekening atas Anjungan Tunai Mandiri yang tercecer tersebut)
  7. Ambil nomor antrian dan tunggu hingga giliran antrian kamu tiba
  8. Kamu akan bertemu pada petugas Customer Service Bank, selanjutnya jelaskan kronologi hilangnya Kartu ATM yang kamu miliki
  9. Mereka akan meminta beberapa validasi data, seperti KTP dan buku rekening tabungan yang diawal sudah kamu bawa tadi, beserta beberapa validasi kecocokan data pribadi kamu lainnya. (Biasa nya tanggal lahir, nama lengkap dan juga nama ibu kandung)
  10. Jika memang tidak ada hambatan, maka mereka akan segera mempersiapkan Kartu Anjungan Tunai Mandiri yang baru (namun dengan data yang sama) sebagai pengganti Kartu Anjungan Tunai Mandiri Hilang yang kamu alami.

Kenapa harus Melapor ke Kepolisian ?

Jika ini adalah pertanyaan yang ada dalam benak kamu saat ini, maka jawabannya adalah kasus kehilangan ATM karena korban pencurian tentunya berbeda dengan kasus kehilangan ATM karena tercecer. Pihak bank memang sudah mewajibkan setiap pelanggan mereka yang mengalami kehilangan produk apapun dari perbankan karena tindakan kejahatan, untuk terlebih dahulu melaporkannya kepada pihak yang berwajib, dalam hal ini adalah Kepolisian.

Baca juga : 5 Penyebab kenapa “Transfer ATM” Kamu Gagal

Hal ini dilakukan sebagai langkah awal, untuk memvalidasi kebenaran hal yang terjadi pada kamu dan dengan adanya berkas laporan kehilangan dari Kepolisian itu tadi akan meminimalisir kemungkinan-kemungkinan tidak baik jika pelaku kejahatan yang mencuri ATM kamu menggunakan ATM tersebut untuk melakukan tindakan kejahatan lainnya. Maka bisa disimpulkan ini berupa tindakan pencegahan sesuai dengan aturan hukum korban kehilangan di Indonesia yateman-teman.

Kesimpulan

Walaupun dapat kembali mengajukan permohonan pembuatan ATM yang hilang, bukan berarti membuat kita tidak berhati-hati dan ceroboh ya. Pastikan untuk selalu menyimpan barang dan dokumen berharga kamu dengan cara yang benar, baik dan aman. Langkah mengurus Kartu Anjungan Tunai Mandiri Kamu yang hilang diatas adalah pengalaman saya secara pribadi, dan bisa saja dibeberapa Bank yang berbeda, terdapat aturan khusus lainnya yang mungkin saja membutuhkan dokumen dan validasi tertentu yang tidak biasa. Untuk itu tetap berhati-hati dan selalu waspada. Sekian tulisan Saya tentang Cara Tepat atasi ATM Hilang, jangan lupa bagikan pengalamanmu dikolom komentar ya. Semoga bermanfaat.


Artikel Bermanfaat? Bagikan sekarang juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *