Bagaimana Cara Mengecek Status Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan

cara cek status klaim bpjs ketenagakerjaan
Artikel Bermanfaat? Bagikan sekarang juga

Bagaimana Cara Mengecek Status Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan – BPJS Ketenagakerjaan merupakan sebuah Program yang diinisiasi dan dijalankan oleh Pemerintah kita di Indonesia. Adapun tujuan nya adalah untuk menjamin kesejahteraan setiap pekerja yang aktif bekerja di Indonesia. Dimana pada program ini, seluruh Perusahaan yang resmi terdaftar wajib meregistrasikan pekerjanya untuk mendapatkan jaminan kesejahteraan khususnya dari BPJS Kesehatan dan juga BPJS Ketenagakerjaan.

Setelah sebelumnya kita pernah membahas tentang Klaim JHT BPJS secara Online dengan LAPAK ASIK BPJS Ketenagakerjaan dimana setelah berhenti bekerja, pekerja yang telah menyisihkan sebagian upah atau gajinya untuk membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan tersebut, dapat mengajukan penarikan atas total iuran yang telah terkumpul tersebut secara online melalui situs bernama LAPAK ASIK BPJS Ketenagakerjaan yang memang sengaja dibuat untuk tetap melakukan pelayanan permintaan pencairan saldo JHT Ketenagakerjaan ditengah kondisi pandemi yang tidak memungkinkan untuk berkerumun dalam satu tempat yang tertutup, seperti kantor misalnya.

Jika bisa disimpulkan kurang lebih tahapan mengajukan klaim JHT melalui LAPAK ASIK adalah sebagai berikut:

  1. Lakukan registrasi secara online
  2. Submit data dan informasi yang dibutuhkan secara online
  3. Mendapatkan jadwal untuk melakukan verifikasi berkas dan validasi pemohon
  4. Melakukan panggilan wawancara online yang dilakukan oleh Petugas BPJS
  5. Jika tervalidasi, maka akan masuk ke tahapan pencairan dana JHT Ketenagakerjaan langsung ke Rekening yang didaftarkan sebelumnya

Cara Mengecek Status Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan

cara cek status klaim bpjs ketenagakerjaan

Jika Kamu sudah mengikuti tahapan demi tahapan yang sudah ditetapkan, maka hal terakhir yang harus dilakukan adalah melakukan pengecekan atas status klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan yang sudah Kamu ajukan. Caranya sangatlah mudah, karena sama seperti tahapan untuk mengajukan klaim, melakukan pengecekan status klaim juga bisa dilakukan secara online cukup #dirumahsaja. Berikut langkah-langkah cara mengecek status JHT BPJS Ketenagakerjaan :

Buka situs tracking BPJS
Ketikkan alamat situs https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/tracking di browser handphone ataupun komputer kamu yang memiliki koneksi internet.

Masukkan NIK / KPJ
Setelahnya, kamu akan melihat tampilan seperti dibawah ini, lalu silahkan pilih salah satu jenis Nomor yang hendak kamu masukkan untuk dicari oleh sistem, No KPJ atau Nomor Identitas (NIK KTP).

bagaimana cara mengecek status klaim bpjs tk

Sumber: bpjsketenagakerjaan.go.id

Klik tombol Cari
Terakhir setelah kamu memasukkan No KPJ ataupun Nomor Induk  KTP yang sama dengan data yang sebelumnya kamu submit untuk mengajukan klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan, akan muncul keterangan yang menjelaskan status pengajuan klaim JHT yang kamu ajukan sebelumnya. Kira-kira seperti ini tampilannya:

klaim bpjs tk

Bpjsketenagakerjaan.go.id

Penutup

Tahapan pengajuan hingga tracking status klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan yang dilakukan melalui metode online seperti saat ini, bisa dikatakan sangat efektif dan fleksibel baik dari sisi cara kerja hingga waktu, sehingga walau dalam keterbatasan seperti Pandemi semua orang yang terdampak pandemi bisa mendapatkan hak atas apa yang memang harus dimiliki seperti Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan yang dapat dicairkan ini ya. Sekian tulisan ku mengenai Bagaimana Cara Mengecek Status Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan, semoga bermanfaat.


Artikel Bermanfaat? Bagikan sekarang juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *