Jenis Jenis Ekstensi Domain beserta Fungsinya

2
70
jenis-jenis ekstensi domain beserta fungsinya
Artikel Bermanfaat? Bagikan sekarang juga

Jenis Jenis Ekstensi Domain beserta Fungsinya – Kamu pasti bertanya-tanya kan kenapa ada begitu banyak sekali ekstensi domain yang ada dan sering kita temui diinternet? Sudah tahu belum kalau terdapat jenis-jenis ekstensi domain beserta manfaatnya masing-masing lho, jadi beda akhiran atau ekstensi domain nya, beda pula makna dan identitas si website tersebut.

Mengenal Domain bagi sebuah Website

Berbicara tentang sebuah website maupun kamu yang hendak belajar membuat website, maka ditulisan sebelumnya Saya sudah menjelaskan secara detail tentang apa itu domain dan apa saja manfaat domain bagi sebuah Website.

Baca : Apa itu Domain, Pengertian dan Manfaatnya bagi sebuah Website

Sedikit mengingat kembali tentang domain, maka secara sederhananya domain merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah website setelah hosting. Dimana domain berfungsi sebagai indentitas yang akan disimpan oleh server di internet, untuk menjadi suatu alamat yang dibutuhkan bagi seseorang ketika mencari sesuatu informasi melalui search engine maupun secara langsung ketika membuka website dengan alamat domain itu tadi.

Seperti pada blog saya ini, maka nama domainnya adalah www.christianfridhobenz.com , semua artikel yang Saya tuliskan pada blog ini akan di index oleh Google dan ketika teman-teman ingin membuka blog Saya bisa secara langsung mengetikkan nama domain blog saya, maka kalian akan melihat website blog saya beserta seluruh isi didalamnya. Sudah paham ya apa itu domain ?

Jenis-jenis Ekstensi Domain beserta Fungsinya

jenis-jenis ekstensi domain beserta fungsinya

Itu tadi tentang domain. Lalu pernah kah teman-teman memperhatikan kalau berbagai website memiliki beragam ekstensi domain yang berbeda satu sama lain ? Jika pernah, apakah kalian pernah bertanya, apa maksud dan tujuan dari perbedaan jenis ekstensi tersebut?

Baca juga : Ini Jenis-jenis Website yang Banyak Digunakan di Indonesia

Sebelum berbicara lebih dalam tentang ekstensi domain, yang dimaksud dari ekstensi domain tersebut terdapat pada akhiran nama disetiap domain, misalnya adalah www.christianfridhobenz.com maka tulisan yang saya tandai dengan warna merah yakni .com adalah ekstensi domain yang akan kita bahas jenis-jenisnya pada artikel ini. 

Biasanya nama domain akan disesuaikan dengan jenis-jenis website yang menggunakan alamat domain tersebut. Berikut ini adalah Jenis-jenis Ekstensi Domain beserta Fungsinya 

  1. .com – Commercial
    Merupakan domain internasional yang dapat dipergunakan oleh hampir semua jenis website, baik website Perusahaan, Toko online, Personal blog, dan masih banyak lagi. Domain .com ini juga masuk kedalam kategori domain yang paling banyak digunakan oleh Perusahaan maupun bisnis di dunia. Tokopedia.com , Google.com , Facebook.com , Christiahfridhobenz.com , dan masih banyak lagi adalah salah satu dari sekian banyaknya situs website besar didunia yang mengguakan domain satu ini.
  2. .net – Network
    Sama seperti singkatannya, domain .net memang direkomendasikan untuk jenis website yang berkaitan dengan banyak orang. Hanya saja domain .net juga banyak pula digunakan untuk website Perusahaan, produk digital hingga Personal Blog. Itu karena .net juga salah satu ekstensi domain dengan penggunaan terbanyak setelah .com . Gtmetrix.net , Whois.net dan masih banyak lagi adalah salah satu diantaranya yang menggunakan domain satu ini.
  3. .go.id – Goverment Indonesia (ID)
    Jika kamu memperhatikan situs-situs Pemerintah kita, semuanya pasti akan menggunakan ekstensi domain .go.id sebagai alamat domainnya. Goverment sendiri berarti adalah Pemerintah, dan perlu untuk teman-teman semua ketahui, kepemilikan domain satu ini adalah domain resmi pemerintah, sehingga hanya lembaga maupun instansi Pemerintah Indonesia sajalah yang dapat membeli dan menggunakannya. Indonesia.go.id , dprri.go.id , kemkes.go.id adalah salah satu dari beberapa situs Pemerintahan yang menggunakan domain resmi Pemerintahan Indonesia.
  4. .co.id – Corporate Indonesia (ID)
    Corporate yang berarti Perusahaan, menjelaskan bahwa website yang menggunakan domain berekstensi .co.id adalah website resmi sebuah Perusahaan. Biasanya Perusahaan-perusahaan yang besar, akan menggunakan domain satu ini, karena selain dapat meningkatkan kredibilitas sebuah Perusahaan, karena dibutuhkannya verifikasi Perusahaan sebelum dapat memiliki domain ini, akan meningkatkan tingkat kepercayaan pengunjung ketika membuka website denga domain satu ini, mengingat tidak sembarang orang dapat membeli maupun menggunakannya, jika belum melakukan verifikasi seperti melampirkan Surat Izin Usaha, PT dan lain sebagainya.  Pelni.co.id , Pln.co.id dan masih banyak lagi adalah salah satu website yang menggunakan domain satu ini.
  5. .ac.id – Academic Indonesia (ID)
    Domain satu ini adalah domain resmi yang hanya boleh dipergunakan oleh Perguruan Tinggi sederajat yang ada di Indonesia. Selain itu, untuk memilikinya sendiri, Perguruan Tinggi yang hendak menggunakan domain .ac.id haruslah melakukan verifikasi terlebih dahulu, seperti melampirkan SK Pendirian Perguruan Tinggi, SK Pengangkatan Rektor dan beberapa lainnya. Semua Perguruan Tinggi di Indonesia wajib menggunakan ekstensi domain satu ini, jadi bisa diragukan keaslian websitenya, jika Perguruan Tinggi menggunakan ekstensi domain yang berbeda pada website mereka. Stimsukmamedan.ac.id , Stiemars.ac.id , Ui.ac.id dan masih banyak lagi adalah salah satu diantaranya.
  6. .org – Organization
    Domain ini diperuntukkan kepada website khusus Organisasi. Meski demikian tidak ada syarat khusus untuk memiliki dan menggunakan domain ini, sehingga siapa saja dapat menggunakannya, karena ini adalah domain Internasional.
  7. or.id – Organisasi Indonesia (ID)
    Berbeda dengan domain .org yang siapa saja dapat membeli dan menggunakannya , domain or.id merupakan domain resmi Indonesia khusus untuk Organisasi yang terdaftar di Indonesia, itu karena dibutuhkan beberapa dokumen penting yang ditujukan sebagai bentuk verifikasi sebuah Organisasi terhadap penggunaan domain satu ini. Adapun beberapa organisasi resmi Indonesia yang menggunakan domain ini adalah GBKP.or.id , NU.or.id dan masih banyak lagi
  8. .sch.id – School Indonesia (ID)
    Seperti namanya ini adalah domain khusus Sekolah terdaftar yang ada di Indonesia. Mulai dari SD, SMP dan SMA sederajat dapat menggunakan domain ini dengan terlebih dahulu melakukan verifikasi berkas yang sama dengan domain Perguruan Tinggi. smansatanjungtiram.sch.id dan beberapa lainnya adalah salah satu contoh website yang menggunakan ekstensi domain satu ini.
  9. .id – Indonesia
    Domain satu ini merupakan domain yang cocok digunakan untuk website blog ataupun situs pribadi, hanya saja memang hanya warga Negara Indonesia lah yang dapat membeli dan menggunakannya, mengingat kamu harus memiliki KTP baru dapat membeli domain satu ini. Meski demikian, belakangan banyak juga website bisnis dan Perusahaan yang menggunakan ekstensi domain ini pada websitenya.
  10. Dan masih banyak lagi…

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa ada banyak sekali jenis-jenis ekstensi domain beserta fungsinya masing-masing. Beberapa ekstensi domain yang coba Saya tuliskan pada tulisan kali ini adalah domain Internasional dan domain Nasional resmi yang ada di Indonesia. Kini kamu sudah tahu bukan, jenis-jenis ekstensi domain beserta fungsinya masing-masing? Jadi jangan sampai salah mengartikan ya, maka Kamu sudah harus bisa memastikan sebuah informasi apakah valid atau tidak berdasarkan ekstensi domainnya. Sekian Jenis-jenis Ekstensi Domain beserta Fungsinya, semoga bermanfaat dan selalulah melakukan hal yang bermanfaat ya.


Artikel Bermanfaat? Bagikan sekarang juga

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here