Sudah Tahu Belum ? Ini Jenis-jenis Website yang Paling banyak Digunakan di Indonesia

1
173
jenis jenis website
Artikel Bermanfaat? Bagikan sekarang juga

Pendahuluan

Jenis-Jenis Website yang Paling banyak Digunakan di Indonesia – Ada banyak sekali kategori website yang sering kita temui di internet, khususnya di Indonesia sendiri, perkembangan penggunaan website kian lama kian meningkat, tentu ini sejalan dengan semakin cepatnya perkembangan jaman di Negara kita. Nah, kalau kamu berencana membuat sebuah website, sudah tahu belum jenis website yang seperti apa yang ingin kamu buat nanti nya? Jika belum, kamu sangat tepat untuk membaca tulisan ku kali ini mengenai Jenis-jenis Website yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia.

Pengertian Singkat Website

Walau pada tulisan ku sebelumnya yang berjudul Ingin Membuat Sebuah Website ? Pahami dulu Pengertian Website beserta Manfaatnya telah bahas pengertian dan manfaat website secara lengkap, tapi ga ada salahnya kalau aku coba jelaskan kembali secara sederhana ya.

Website adalah kumpulan tulisan, foto, video dan berkas file digital lainnya, yang ditempatkan pada sebuah memori online yang disebut dengan istilah server atau hosting.

Baca juga : Ketahui Apa itu “Web Hosting” Sebelum membuat Sebuah Website

Karena harga nya yang mahal, kamu dapat menyewa hosting pada layanan-layanan penyedia hosting yang banyak tersedia di Indonesia ketika kamu mencari nya di Internet.

Tak hanya hosting saja, untuk mendapatkan sebuah identitas di internet, maka website membutuhkan sesuatu nama bernama Domain.

Baca juga : Apa Itu Domain, Pengertian dan Manfaatnya bagi Sebuah Website ?

Domain akan menjadi nama unik website mu, yang kemudian menjadi alamat spesifik seseorang ketika ingin mengakses situs mu di internet. Misalnya adalah seperti pada blog yang kamu baca saat ini memiliki domain www.christianfridhobenz.com .

Secara sederhana, pengertian website merupakan kumpulan beragam file digital yang kemudian ditempatkan pada satu media atau wadah online yang bernama hosting dan kemudian memiliki sebuah nama unik yang selanjutnya disebut dengan istilah domain. Setelah kedua nya sudah terpenuhi, maka sebuah website sudah dapat dikatakan online dan dapat diakses oleh siapapun di seluruh penjuru dunia. Itu dia penjelasan singkatnya.

Kembali kepada fokus tulisan kita mengenai jenis-jenis website.

Seseorang pasti punya alasan yang jelas sebelum memutuskan untuk membangun sebuah website bukan ? Sama seperti aku dan kamu, pasti ada sesuatu hal alasan yang membuat kita ingin membuat website sendiri, itu adalah dasar awal kenapa sebuah website bisa tercipta.

Lalu apa saja jenis-jenis situs website yang ada di Indonesia ? Berikut beberapa diantara nya ya :

Macam-macam Website di Indonesia

 

jenis jenis website

 

  1. Website Company Profile
    Sama seperti nama nya, jenis website company profile merupakan website yang berisi tentang profil atau informasi sebuah Perusahaan maupun bisnis. Bisa berupa visi, misi, sejarah dan lain sebagainya.
  2. Website Lembaga Pendidikan
    Website lembaga pendidikan juga mirip seperti website Company Profile, hanya saja pada website lembaga pendidikan, akan dibuat secara khusus untuk menampilkan profil sebuah lembaga pendidikan saja. Misalnya website sebuah sekolah (SD, SMP, SMA/SMK), hingga Perguruan Tinggi atau Universitas. Isinya pun sama, yakni berisikan profil lembaga pendidikan tersebut, hingga segala bentuk informasi seputar lembaga pendidikan.
  3. Website Toko Online
    Kalau website yang satu ini pasti sudah sangat sering kamu dengar bukan ? Website toko online sendiri merupakan sebuah sebuah website yang menjual sesuatu produk yang kemudian dipasarkan hingga dijual secara online. Website toko online juga memiliki jenis kategori yang berbeda-beda, tergantung menjual apa website tersebut. Bisa menjual sepatu, tas dan lain sebagainya.
  4. Website Blog / Blog Pribadi
    Istilah blog aku yakin juga pasti sangat sering kalian dengar kan ? Blog biasa nya berisi tulisan-tulisan berupa tips, informasi, curahan hati yang dimiliki oleh seseorang secara pribadi, seperti blog christianfridhobenz.com yang sedang kamu baca sekarang ini misalnya. Eh.. tapi jangan salah, walau hanya berisi tulisan saja blog juga termasuk dalam kategori jenis-jenis website ya.
  5. Website Forum
    Pernah dengar website seperti Kaskus misalnya ? Jika pernah maka website tersebut masuk ke dalam jenis website forum. Dimana kita dapat membahas hingga berdiskusi seputar apa saja yang diperbolehkan dalam website tersebut. Jadi website forum cenderung mirip seperti forum diskusi, hanya saja diskusi nya secara online ataupun virtual.
  6. Website Marketplace
    Website marketplace mirip seperti website toko online, namun pada website marketplace tidak hanya menjual 1 jenis produk dari orang yang sama, tapi siapapun bisa berjualan disana. Seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan sejenisnya adalah website dengan jenis Marketplace. Nama nya saja sudah Market (Penjualan/Menjual) dan Place (Tempat), sudah jelas dong, apa fungsinya ? 😀
  7. Website Streaming Video/Film
    Kamu pasti sering kan nonton video di Youtube ? Itu berarti kamu sedang melihat sebuah situs berjenis streaming video. Dimana pada website streaming video, kamu dapat menonton video dalam jumlah yang banyak dan durasi yang lama. Selain youtube ada juga beberapa situs streaming video lainnya, namun berfokus pada streaming film, seperti LK21 dan lain sebagainya.
  8. Jenis Website lainnya
    Dan jenis-jenis web lainnya.

Penutup

Sebenarnya lebih dari 7 jenis website diatas yang terdapat di Indonesia. Tapi kedelapan jenis situs diatas, merupakan jenis web yang paling banyak ditemui di Indonesia. Kamu lebih suka atau akan membangun website jenis yang seperti apa ? Tulis di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat dan selalu jadi orang yang positif dalam berpikir ya.

 


Artikel Bermanfaat? Bagikan sekarang juga

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here