Kamu Harus Ingat Ini, Facebook Bukan Sarana Untuk Buka-bukaan Informasi Pribadi

0
63
Artikel Bermanfaat? Bagikan sekarang juga

 

Facebook Bukan Sarana Untuk Buka-bukaan Informasi Pribadi – Banyak nya orang yang menggunakan media sosial seperti Facebook tidak dibarengi dengan banyaknya kedewasaan daripada penggunaan media sosial tersebut. Tidak adanya batasan usia untuk dapat mendapatkan akun facebook ini juga menjadi salah satu faktor banyaknya terjadi penyimpangan.

Pada dasarnya jika kita dapat memanfaatkan media ini dengan baik, kita akan sangat beruntung. Sebab kita mampu saling terhubung dalam komunikasi baik dalam bentuk tulisan, audio maupun visual.

Namun sangat disayangkan, banyak pengguna (khususnya di Indonesia) yang menciptakan banyak peyimpangan dengan memanfaat media sosial facebook ini tadi. Mulai dari penyimpangan tindak kejahatan seperti penipuan, pemerasan dan lain sebagainya.

Jika kita perhatikan, sekarang ini banyak sekali pengguna facebook yang salah dalam memanfaatkan jejaring sosial ini. Banyak diantaranya yang justru menganggap facebook adalah seorang Manusia yang nyata dan dapat menjadi pendengar yang baik saat kita bercerita apa saja kepadanya.

Sering sekali pengguna facebook ini lupa akan fungsi utama daripada media sosial Facebook ini tadi. Dan menceritakan apa saja tentang dirinya lewat status, foto, atau bagkan video yang diunggah melalui akun miliknya.

Kamu harus tahu saat kamu mempublikasikan tentang kamu dan informasi pirbadimu didalam facebook, maka itu sama saja dengan kamu yang membeberkan informasi pribadi mu itu tadi kesemua orang tanpa terkecuali.

Kita harusnya dapat mempergunakan perkembangan teknologi yang ada dengan bijak. Maka dengan begitu kamu tidak akan pernah terkena masalah.

Logikanya begini,

Apa kamu mau menceritakan semua informasi pribadimu pada semua orang yang tidak kamu kenal ?

Dengan suka menceritakan sesuatu yang bersifat pribadi di facebook, maka itu sama saja dengan kamu menceritakan informasi yang seharusnya harus kamu rahasiakan dari orang yang tak kamu kenal.

 Mungkin kamu tidak punya teman di dunia nyata untuk tukar pikiran. Tapi tetap saja Facebook bukanlah teman yang dapat kamu ajak tukar pikiran.

Saat kamu berpikir, dengan mengutarakan isi hatimu di facebook maka masalah mu akan selesai, itu SALAH BESAR. Kamu hanyalah membuat semua orang tahu tentang semua masalah yang sedang kamu alami.

Kamu harus tahu satu hal, masalahmu tidak akan pernah tertatasi dengan baik jika kamu menceritakannya kepada Facebook, itu karena Facebook bukanlah manusia, melainkan Teknologi tanpa nyawa . 

Mungkin dapat menyelesaikan masalah adalah alasan dari beberapa orang yang lebih memilih bercerita kepada  Facebook ketimbang manusia di dunia nyata . Jika benar, kamu keliru. Takkan ada solusi dengan menceritakan apapun ke Facebook.

Dari semua penjelasan yang saya tulis diatas, pada dasarnya ingin mengingatkan teman-teman pengguna media sosial (apa saja, termasuk Facebook) agar dapat secara bijak menggunakan media sosial ini.

Jangan terlalu terbawa suasana dan suka mengikuti penyimpangan yang dilakukan orang lain dalam menggunakan akun facebook nya.

Ubah Mindsett kamu dan tekankan dalam pikiranmu “Jika facebook hanyalah hiburan semata, dan bukanlah Makhluk sosial yang nyata”.

Jangan sampai karena terlalu sering bercengkrama/bermain dengan facebook, membuat kamu lupa kalau kamu itu adalah makhluk sosial yang harus tetap bertegur sapa dengan orang yang ada disekitarmu.

Facebook memang menyenangkan, dapat menambah teman, berkenalan dengan orang banyak dari berbagai macam daerah atau bahkan negara, tapi kembali lagi kalau kamu harus tetap menggunakan facebook sebagai media hiburan saja bukannya mengubah mu menjadi manusia yang acuh akan sekitarmu.

Tulisan ini saya terbitkan melihat banyak sekali teman-teman Facebook yang salah dalam menggunakan Facebook dalam kehidupan sehari-harinya. Untuk itu, jika kamu peduli dan setuju dengan saya mari mulai dari diri sendiri dan kemudian ingatkan kepada teman dan sanak saudara kita agar kembali lagi menjadi m


Artikel Bermanfaat? Bagikan sekarang juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here