Langkah – Langkah Mudah Melakukan Pengurusan SIM (Surat Ijin Mengemudi) Yang Sah

0
92
Artikel Bermanfaat? Bagikan sekarang juga


Mengurus Surat Ijin Mengemudi (SIM) merupakan bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan umum administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan trampil mengemudikan kendaraan bermotor..

Dari penjelasan diatas, dapat diartikan bahwa kamu harus memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM) untuk dapat mengemudikan kendaraan bermotor kamu kemana pun kamu mau.
Hanya saja, banyak diantaranya yang beranggapan bahwa mengurus SIM itu membutuhkan proses yang panjang dan rumit.Hall inilah yang akhirnya membuat kebanyakan para calon pengurus SIM itu tadi merasa tidak percaya diri dan lebih memilih menggunakan jasa calo meski dengan biaya yang jauh lebih mahal dari yang seharusnya.

Baca juga : 4 Cara Mencegah Peretasan Pada Email

Jika sampai saat ini kamu masih menganggap hal itu benar, maka lewat tulisan ini saya akan menjelaskan dan merubah opini tidak benar kamu tadi bahwa mengurus SIM itu sangatlah gampang dan tidak membutuhkan waktu yang lama dalam pengurusan nya.
Berikut Tahapan yang perlu kamu ikuti :
  1. Persiapkan KTP beserta beberapa lembar fotocopy nya dari rumah.
  2. Pergi ke Polres tempat daerah kamu tinggal saat ini.
  3. Pergi kebagian informasi dan tanyakan dimana tempat untuk melakukan registrasi pengurusan SIM
  4. Sudah dibagian Pengurusan SIM ? Maka kamu akan diberikan formulir yang nanti nya harus kamu isi sesuai dengan identitas diri kamu pada KTP, seperti nama,tempat tanggal lahir dan lain sebagainya. Cermati setiap form yang kamu isi, dan pastikan tidak ada kesalahan pada saat kamu mengisi data diri kamu tadi.
  5. Setelah itu, petugas akan mengarahkan kamu untuk membayar biaya administrasi sebesar Rp. 100.000 ,- kepada petugas Bank BRI yang sudah ada dilokasi pembuatan SIM.
  6. Kembali lagi kebagian pengurusan SIM, serahkan berkas data diri kamu tadi beserta bukti pembayaran biaya administrasi pembuatan SIM yang baru saja kamu bayarkan.
  7. Tunggu beberapa menit, hingga kamu dipanggil petugasnya untuk mengambil sidik jari dan foto kamu yang nantinya jadi foto identitas kamu pada SIM yang ingin kamu buat tadi.
  8. Setelah itu, kamu akan diarahkan untuk memasuki ruangan “Ujian Simulator SIM”.
    Perlu diketahui, pada proses ini kamu akan diarahkan untuk menghadap ke sebuah komputer yang sudah di isi program berupa pertannyaan audio visual terkait rambu dnn aturan dalam berlalu lintas beserta sistem penilaian benar atau salah dalam menjawab soal sebanyak 30 Soal/. Untuk itu, usahakan untuk mempelajari tentang rambu-rambu umum dan pengetahuan terkait kendaraan berdasarkan jenis SIM yang ingin kamu buat.
  9. Pengalaman saya, dari 30 soal yang ditampilkan setidaknya kamu harus dapat menjawab soal dengan benar sebanyak 24 soal, yang berarti kamu hanya diperbolehkan salah sebanyak 6 soal saja.
  10. Jika kamu berhasil lulus dari test ini, maka kamu akan dinyatakan lulus dalam ujian pengetahuan tentang rambu-rambu lalu lintas dan berkendara.
  11. Terakhir, kamu akan diarahkan ke sebuah lapangan. Dimana pada lapangan tersebut, kamu akan diminta untuk melakukan “Test Drive” (formalitas saja) atau mengendarai kendaraan untuk membuktikan jika kamu sudah layak mengendari kendaraan sesuai dengan SIM yang ingin kamu urus.
  12. Selamat!!! Kamu sudah berhasil melewati semua prosedur yang ada. Serahkan berkas kepada bagian pengurusan SIM, tunggu beberapa saat dan kamu akan segera mendapatkan SIM baru.
Catatan : 
  • Jika kamu tidak berhasil lolos pada “Ujian Simolator SIM“, maka kamu dapat mengulang kembali test tersebut seminggu yang akan datang.
  • Jika masih belum juga berhasil lulus mengikuti test yang ada, maka semua biaya adminitrasi yang sudah kamu keluarkan akan dikembalikan ke kamu tanpa ada pemotongan sedikitpun.
  • Hindari menggunakan bantuan dari CALO Pembuatan SIM, karena hanya akan merugikan kamu. Selain tidak mendapatkan pengalaman dan pengetahuan dalam mengurus pembuatan SIM, kamu juga akan mengeluarkan biaya yang lebih besar dari yang seharusnya yang berarti kamu akan RUGI.
  • SIM diterbitkan sebagai tanda bukti kamu telah memiliki ijin untuk mengemudikan kendaraan kamu. Ugal-ugalan dan lain sebagainya tetaplah tidak dibenarkan.
  • Gunakan dan manfaatkan SIM ini sebaik mungkin.
  • Simpan dengan baik SIM milikmu, jika hilang kamu harus mengurus kembali yang tentunya akan membuat waktu kamu terbuang dengan percuma
  • Taati setiap rambu lalu lintas yang ada dan selamat berkendara !! 

Artikel Bermanfaat? Bagikan sekarang juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here