Makna Kehidupan di Balik Sebuah Kesulitan

0
23
Artikel Bermanfaat? Bagikan sekarang juga


Makna Kehidupan di Balik Sebuah Kesulitan – Jika kita berbicara tentang kesulitan, maka akan banyak ragam jenis yang dapat kita temui. Baik dengan melihat sekeliling kita atau bahkan kita sendiripun pernah mengalaminya. Namun, tentu saja, tidak semua orang didunia ini memiliki pengalaman yang sama.

Antara si A dan si B pastinya punya kisah yang berbeda dalam kehidupannya. Itulah yang sering kita artikan sebagai ragam kehidupan. Tak semua orang mau menjadi orang yang susah, dan tak banyak juga orang berada yang sanggup jadi orang susah.

Sering kita menganggap hidup yang kita jalani adalah sebuah suratan yang kita yakini berasal dari sang Pencipta kita, Tuhan. Dan yang kita perlu pikirkan adalah bagaimana meneruskan hidup dengan karunia dan kehidupan yang sudah diberikanNya kepada kita.

Seperti saya, saya bukanlah anak yang terlahir dari sebuah keluarga yang kaya dan berlebih dalam segala hal. Tapi tak pernah sedikitpun timbul dibenak saya untuk membenciNya apalagi menyalahkanNya atas kehidupan yang diberikan kepada saya.

Terlebih pada situasi saat ini, saya merupakan seorang kaum muda yang tak jarang merasakan pahitnya kenyataan dari hidup yang saya jalani. Tapi saya tak cukup berani untuk menyalahkanNya. Kenapa ? karena saya memiliki sebuah keyakinan, bahwa tiap nafas yang dapat saya hembuskan merupakan sebuah anugerah yang pastinya tidak bisa bila dibandingkan dengan apapun termasuk materi.

Jujur saja, saat saya termenung saya suka senyum sendiri bila mengingat hari-hari yang baru saja saya lewati. Bagaimana tidak, tanpa saya sadari ada begitu banyak makna kehidupan yang bisa saya dapatkan dari hari demi hari saya menjalani hidup didunia ini.

Bukan karena saya sok puitis ataupun mendramatisir, tapi percayalah saya berbicara yang sebenarnya. Dan apa yang saya tuliskan ini merupakan hal yang sebenarnya juga saya alami dalam kehidupan saya.

Saya merasa setiap harinya, ada saja berkat yang berbeda yang saya dapatkan. Bayangkan selama 20 tahun yang lalu saya bisa hidup karena berkat dan anugerah dariNya. Tentunya wajar jika saya sangat bangga untuk menceritakan ini.

Meski dalam situasi yang sulit, saya tetap bisa makan, saya tetap bisa kuliah, saya masih bisa membeli makanan yang saya inginkan (meskipun bukan makanan yang mahal dan mewah). Saat saya juga merasa kecil diantara yang lainnya, selalu ada momen yang mengembalikan kepercayaan diri saya itu tadi.

Cerita kali ini tidak memiliki alur yang baik, meski demikian saya tegaskan dan akui bahwa dibalik sebuah kehidupan yang sulit tersimpan makna indah yang nantinya akan menjadi pewarna dalam kehidupan saya tersebut. Yang berarti saya juga selalu bersyukur dan mengagungkanNya yang senantiasa menurunkan hal-hal bak tersebut dalam kehidupan saya.

Ini cerita saya tentang bagaimana saya mengambarkan sebuah kesulitan hidup yang memiliki makna, dan mengingatkan kita agar tidak lupa mengucap syukur kepadaNya. Karena meski tak secara langsung menurunkan berkat, tanpaNya kita bukanlah apa-apa.


Artikel Bermanfaat? Bagikan sekarang juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here