Merokok Sambil Berkendara. Keren atau Pembodohan yang Membahayakan ?

merokok sambil berkendara
Artikel Bermanfaat? Bagikan sekarang juga

Kita yang memiliki rutinitas tinggi khususnya diluar rumah ketika sedang pergi untuk bekerja, berbelanja dan kegiatan lainnya terlebih ketika mengendarai kendaraan bermotor pasti sering kali menemui orang-orang yang sangat tidak memiliki pengertian dan kepedulian dengan sekelilingnya, sesama pengguna motor atau jalan yang lain.

Mulai dari cara berkendara yang buruk dan tidak beraturan, hingga berkendara sampai bisa membahayakan orang lain. Jika kamu bertemu orang yang seperti ini, seperti apa perasaanmu? Pusing, stress hingga marah? Bisa saja, sekalipun kamu adalah orang yang paling sabar sedunia 😀

Ditulisan ini sebenarnya aku hendak menceritakan pengalamanku. Itu adalah ketika suatu waktu lalu aku sedang dijalan bersama motor butut yang aku punya disalah satu jalan Kota Medan. Motor ku yang berjalan cukup pelan dan santai tiba-tiba dilewati oleh sebuah mobil (angkutan umum) yang bisa dibilang cukup kencang.

merokok sambil berkendara

Namun bukan karena kecepatan tingginya ketika melewatiku yang jadi masalah, melainkan seketika mobil itu mulai menjauh, ada percikan api dan abu berwarna gelap dengan cepatnya tertiup angin kearah muka, tepatnya mata.

Untungnya adalah kebiasaan menggunakan helm berikut dengan kaca pelindungnya untuk kesekian kalinya menyelematkan wajahku, yang bisa saja kenapa-kenapa.

Dan setelah aku amati, ternyata itu adalah debu rokok yang terbang dari mobil yang melewati motorku itu tadi, sepaket juga dengan apinya yang masih menyala karena tiupan angin.

Jangan tanya apa yang kulakukan ketika itu. Langsung kutancap gas motorku yang sebelumnya berjalan pelan untuk mengejar itu mobil dengan penumpangnya yang membahayakan orang lain dengan racun yang gemar dia hisap.

Dan sampai akhirnya berpapasan dengan mobilnya, aku suruh berhenti lalu aku tegur orang yang aku lihat memegang puntung rokok itu, aku bilang ‘itu api dan abu rokok bapak terbang dan membahayakan orang, jangan sembarangan merokok didalam mobil dan mengarahkan puntung rokok Anda yang menyala keluar jendela’. Si Bapak paruh baya itu terlihat kebingungan, mungkin dia sendiripun ga sadar dengan hal ga baik apa yang baru aja dia lakukan.

Teman-teman, khususnya bagi Anda perokok aktif. Aku tau, bisa saja kalian tidak mendapatkan inspirasi jika tidak menghisap rokok dan tidak mendapatkan ketenangan bila tidak mengeluarkan asap dari mulut kalian. Namun tolonglah untuk sedikit lebih memerhatikan disekliling kalian. Belum cukup kah bagi kalian berbagi penyakit dari asap rokok yang kalian hisap? Apa abu dan api puntung rokok menyala kalian juga pantas untuk mengenai dan membahayakan Kami yang tidak merokok ini ?

Khususnya bagi anak muda, yang kalian lakukan (merokok sambil berkendara) mungkin terasa keren, karena kalian sendiri yang menganggap itu keren. Tapi ketahuilah bahwa kebiasaan yang kalian anggap keren itu justru adalah hal pembodohan buruk bagi orang lain.

Merokok sembari berkendara akan semakin menyulut api rokok kalian yang sedang menyala, alhasil tembakau dan kertas pada rokok yang kalian miliki akan semakin habis terbakar hingga menjadi debu, dan kalian tahu ? Debu hasil pembakaran tembakau dan kertas pada rokok kalian tersebut bisa merusak wajah bahkan bagian sensitif seperti mata.

Stop merokok sambil berkendara, jika memang hasrat merokok yang tinggi tidak dapat lagi kalian bendung sehingg bisa membuat kalian gila, maka hentikan sejenak motormu, dan carilah tempat atau ruang yang menyediakan fasilitas untuk merokok.

Merokok dan mengeluarkan asap ditempat umum saja sebenarnya adalah tindakan ketidakpedulian Manusia yang katanya memiliki akal dan pikiran, lebih tinggi derajat nya daripada makhluk hidup lainnya di Bumi. Lalu bayangkan makhluk seperti apa yang justru tidak mau pedulikan orang lain dengan merokok sambil berkendara ?

 

 


Artikel Bermanfaat? Bagikan sekarang juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *