Ingin Membuat Sebuah Website ? Pahami dulu Pengertian Website beserta Manfaatnya

1
51
Artikel Bermanfaat? Bagikan sekarang juga

Pengertian Website dan Manfaat Website secara Lengkap –  Tertarik dan apakah kamu berencana untuk membuat sebuah website? Jika benar kamu harus lebih dulu mengenal dan memahami pengertian website dan manfaat website yang akan kamu bangun nantinya. Tulisan tentang Pengertian website dan Apa Manfaat Website yang aku buat kali ini akan membantu kamu lebih paham tentang yang nama nya website dan manfaat website berdasarkan kebutuhannya.

Pendahuluan

Situs website kini bukan lagi sesuatu hal yang asing bagi kita. Tak peduli berapa usia dan apa jenjang pendidikan nya, aku pribadi cukup yakin bahwa hampir 9 dari 10 orang di dunia cukup tahu apa yang dimaksud dengan website dan fungsi-fungsi nya.

Kalau pun ada 1 dari 10 orang yang belum mengerti apa itu website, maka itu bisa saja memang orang-orang yang sama sekali tidak pernah mendengar istilah nya ataupun merasakan manfaat nya dalam kehidupan sehar-harinya.

Kita akan mengenal dan memahami apa itu website pada tulisan kali ini.

Website pertama kali ditemukan oleh Sir Timothy John. Dan pada tahun 1991 website terhubung ke jaringan. Sejak saat itu hingga kini di 2020, perkembangan website dari berbagai sisi kian lama kiat meningkat. Mulai dari sisi manfaat, penggunaan dan jenis yang berbeda satu sama lain.

Seiring dengan meningkat nya perkembangan tekonologi dan perkembangan jaman, sejalan juga dengan semakin meningkat nya kebutuhan seseorang maupun bisnis terhadap penggunaan website sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Dengan lebih mengenal apa itu website beserta manfaat nya, kita akan semakin tahu kenapa sebuah website mungkin penting untuk kamu gunakan.

 

penjelasan website dan manfaatnya

 

Pengertian  Website

Sebelum lebih lanjut mengetahui manfaat website, kamu harus paham dulu pengertian website yang benar. Jika diartikan secara keilmuan sebuah website , pengertian website yakni kumpulan ratusan hingga ribuan kode, yang ditempatkan pada suatu tempat dengan fungsinya masing-masing yang pasti cukup rumit untuk dimengerti orang yang tidak memiliki latar belakang keilmuan pemograman.

Namun secara umum dan mudah untuk dipahami, website adalah sebuah wadah yang berisi tulisan, foto, video hingga file-file digital lainnya yang kemudian dapat menampilkan nya kembali dan dapat dilihat oleh semua orang di seluruh penjuru dunia, karena bersifat online.

Baca juga : Ketahui Apa itu Web Hosting Sebelum Membuat sebuah Website

Kenapa bisa bisa diakses oleh semua orang diseluruh penjuru dunia ? Itu karena semua file ataupun konten yang terdapat di dalam sebuah website, di tempatkan di sebuah memori penyimpanan online yang disebut dengan istilah Hosting dan Server.

Server dan hosting sendiri di ibaratkan sebuah memori pada handhpone ataupun harddisk pada laptop yang aku dan kamu miliki. Dan karena harga sebuah server sangat lah mahal, maka kamu bisa menggunakan layanan penyewaan hosting dan server yang cukup banyak di Indonesia.

Bisa di ibaratkan, kalau kamu berencana ingin memiliki sebuah website maka kamu harus menyewa sebuah server ataupun hosting pada penyedia jasa sewa layanan hosting, baik di dalam maupun luar negeri. Setidaknya kamu harus menyewa dan membayar biaya layanan minimal 1 tahun. Walau mungkin akan menjadi pengeluaran yang cukup besar, ketika seseorang membutuhkan sebuah website, itu berarti orang tersebut telah memperhitungkan segala sesuatu nya.

Pengertian  Domain

Ada media penyimpanan nya, maka harus ada pula nama untuk identitas sebuah website. Berbicara tentang nama pada sebuah website, maka kita harus tau dan mengenal nya juga sebelum memiliki sebuah website.

Domain nama nya, untuk istilah menamakan identitas sebuah website yang dimiliki oleh seseorang maupun Bisnis dan Perusahaan.

Baca juga : Mengenal Apa itu Domain dan Manfaatnya pada Website

Domain sendiri secara keilmuan pada dunia pemograman website berarti adalah nama unik yang diberikan untuk mengindentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.

Agak bingung ? 😀 Oke aku akan coba jelaskan dengan penjelasan sederhana ya.

Domain itu bisa kita umpamakan pada seseorang yang pasti nya memiliki sebuah nama. Seperti nama saya adalah Christian, dan nama orang diluaran sana Budi ataupun susi. Dari nama tersebut, apa kira-kira manfaat dan kegunaan nya ? Sudah jelas, nama diberikan untuk membuat kita tau siapa orang yang kita baru saja temui ataupun baru dikenal. Nama membantu kita untuk mengingat seseorang, berdasarkan apa yang pernah kita lakukan sebelumnya. Seperti pernah bertemu, berkenalan, bercerita, sanak-saudara, teman kuliah ataupun orang-orang penting maupun tokoh publik yang cukup terkenal.

Sampai disini sudah paham ? Domain juga sama makna dan fungsinya seperti nama yang dimiliki oleh seseorang.

Perbedaan nya adalah, jika nama pada seseorang bisa saja sama dan bahkan identik, seperti nama adik saya adalah Steven Putra dan bisa saja nama orang lain diluar saja juga sama yakni Steven Putra juga, maka pada domain itu tidak bisa dilakukan.

Karena tiap website tidak boleh sama secara identik. Jika christianfridhobenz.com adalah nama domain pada blog yang aku punya sekarang ini, maka tidak ada lagi yang boleh membeli atau menggunakannya pada website yang lain.

Hal itu sudah menjadi aturan yang berlaku, karena pada server atau internet, hanya akan mengenal 1 nama untuk 1 jenis website saja. Karena tiap website memuat isi atau konten yang berbeda, jika kedua website yang berbeda itu tadi memilki satu nama yang identik, maka akan sulit memisahkan mana website si A yang berisi tutorial memasak misalnya, dan mana website si B yang merupakan website bisnis/perusahaan.

Tapi ada momen dimana nama domain website yang kita ingin miliki telah ada sebelumnya, apa yang harus dilakukan ? Jika hal tersebut terjadi, maka solusi nya adalah menggunakan nama yang sama, namun dengan ekstensi domain yang berbeda.

Berbicara tentang ekstensi domain yang berbeda, maka kamu harus tau jenis-jenis domain. Secara umum Domain sendiri terbagi atas 2 jenis. Pertama adalah domain TLD (Top Level Domain) dan kedua adalah Sub domain TLD (Anak domain Top Level Domain).

Jenis-jenis domain TLD

  1. .com
  2. .co.id
  3. .ac.id
  4. .net
  5. .co
  6. .id
  7. info
  8. .org
  9. biz
  10. .space
  11. dan masih banyak lagi

Jenis-jenis domain bisa menjelaskan isi pada sebuah website. Misal .org adalah domain yang direkomendasikan untuk website Organisasi, .biz adalah domain untuk bisnis, dan lain sebagainya. Namun dari semua domain yang ada, domain .com adalah domain internasional yang bisa dipakai oleh jenis website apa saja, termasuk blog pada website aku ini misalnya.

Top Level Domain (TLD) berarti adalah domain premium, yang harus kamu beli baru kemudian dapat menggunakan nya untuk kepentingan website yang kamu miliki. Premium menandakan sesuatu hal tersebut adalah berbayar, begitu juga dengan isitlah domain TLD.

Manfaat menggunakan Domain TLD

Bicara tentang manfaat menggunakan domain TLD, maka kita bicara tentang profesionalisme sebuah website dipandangan orang banyak yang berpotensi melihat website yang kamu miliki.

Seperti website perusahaan misalnya, tentu seseorang akan lebih percaya pada website yang memilki domain .co.id (domain khusus Perusahaan di Indonesia. Corporate Indonesia) ketika ingin mencari tahu lebih banyak tentang si Perusahaan tersebut, ketimbang website lainnya dengan domain yang tak terlalu dikenal. Selain karena domain .co.id adalah TLD, domain .co.id juga adalah domain resmi yang hanya bisa dimiliki dengan aturan yang ketat (nanti akan kita bahas). Jadi kita bicara tentang kepercayaan, validasi sebuah domain dan profesionalisme ya disini.

Jenis-jenis domain subdomain TLD

Dari nama nya saja yang mengandung kata sub, pasti kita semua sudah sedikit paham. Sub berarti ini adalah anak domain. Biasa nya dimiliki oleh situs-situs blog yang memberikan fasilitas menulis pada blog secara gratis, seperti blogger.com , wordpress.com dan beberapa yang lainnya.

Adapun jenis dan nama nya adalah :

  1. namadomain.blogger.com
  2. namadomain.wordpress.com

Jika kamu perhatikan untuk domain subdomain TLD, maka akan ada embel-embel nama domain utama yang memberikan akses domain gratis untuk kamu. dan ini cocok jika kamu masih belajar-belajar mendalami pembuatan blog atau website.

Manfaat menggunakan Domain subdomain TLD

Walau punya embel-embel nama penyedia akses gratis dibelakangnya, subdomain TLD juga punya manfaat. Kamu ga harus mengeluarkan uang ketika ingin menggunakannya, karena seperti di blogger.com misalnya, kamu bisa menulis seperti artikel pada blog ini tanpa harus beli domain alias gratis. Jadi ini sangat disarankan jika kamu ingin membuat sebuah website, namun masih belum punya modal yang besar. Kamu bisa buat blog/website sederhana di blogger dengan mengunjungi website resmi mereka di https://www.blogger.com/ dan dapat melihat berbagai tutorial pembuatannya di internet ya.

Manfaat Memiliki Situs Website

Kita sudah bahas dasar-dasar untuk membuat website. Mulai dari domain hingga hosting/server berdasarkan fungsinya masing-masing. Selanjutnya adalah kita harus tahu dulu nih, apa manfaat website yang ingin kamu buat. Atau kata lainnya, apa sebenarnya manfaat memiliki sebuah website ? Jika itu adalah pertanyaan nya, maka jawaban yang sudah jelas akan aku berikan adalah ; sangat banyak manfaatnya!!

Website mempunyai banyak sekali manfaat, diantara nya :

Media Informasi tanpa batas

Setelah paham pengertian websie , maka Manfaat website paling pertama adalah menjadi media informasi tanpa batas. Website apapun itu, ketika sudah selesai dan online, maka itu akan menjadi media tanpa batas paling luar biasa. Kenapa begitu ? Ketika sebuah website sudah online maka siapapun akan bisa melihat seluruh isi dan konten yang kamu akan tampilkan pada website tersebut. Berita, tutorial, tips, informasi, bisnis dan banyak hal lainnya, dapat kamu tampilkan untuk kemudian dilihat oleh orang banyak, bahkan hingga di seluruh penjuru dunia. Hal inilah yang menjadi salah satu kenapa website sangat diminati saat ini.

Baca juga : Ini Dia Jenis-Jenis Website yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Wadah Bisnis yang Fleksibel

Baik Perusahaan maupun bisnis kecil menengah, akan sangat terbantu jika telah memilki sebuah website. Bahkan saat ini seseorang tidak harus punya toko untuk bisa menjual produk yang ia mliki. Dengan media website, semua produk jualan kita dapat kita tampilkan secara online, dan sudah pasti siapapun bisa melihatnya. Hebat kan? Itulah kenapa banyak pebisnis mulai memutuskan untuk berjualan secara online melalui website nya, ketimbang harus menyewa toko. Karena mengelola bisnis dengan media bisnis sangatlah fleksibel, baik dari sisi biaya operasional maupun waktu.

Menuangkan Bakat Menulis

Kalau kamu punya keinginan dan hobi untuk menulis, maka kamu bisa menjadi penulis dengan memiliki sebuah website blog seperti website ku yang saat ini sedang kamu baca artikel nya. Tak perlu buku, pena dan meja menulis yang merepotkan, dengan mempunyai website blog, kamu bisa menulis kapan dan dimanapun, asal punya koneksi internet pastinya.

Dan masih banyak lagi manfaat websire secara positif yang bisa kita dapatkan dengan hadir nya website. Jadi untuk kamu yang punya bisnis atau hobi menulis, masih ragu untuk punya website ?

Penutup

Itu dia tulisan ku tentang Pengertian Website dan Manfaat Website secara lengkap, semoga bisa bermanfaat dan menjadi sumber positif untuk kita semua ya. Jangan lupa untuk selalu menjadi orang yang berguna dimanapun kita berada.


Artikel Bermanfaat? Bagikan sekarang juga

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here