Apa Itu Domain, Pengertian dan Manfaatnya bagi Sebuah Website ?

1
55
Belajar Membuat Website : Mengenal Apa itu Domain dan Manfaatnya bagi Sebuah Website
Artikel Bermanfaat? Bagikan sekarang juga

Halo, membahas tentang website tentu tidak cukup hanya sekali membaca atau memahami saja. Terlebih untuk kamu yang berencana membangun sebuah website, maka hanya sekedar semangat membangun website saja, tidak lah cukup untuk bisa menjadi website itu nyata dan dapat berjalan sebagaimana mestinya. Maka penting untuk mengetahui Apa itu Domain, Pengertian dan Manfaatnya bagi sebuah Website

Website tentu tidak akan bisa begitu saja tercipta bukan? Butuh begitu banyak persiapan dan kesiapan pemilik website tersebut, agar website dapat dikatakan sebagai website yang sempurna dan bisa bermanfaat bagi banyak orang tentunya. 

Pendahuluan

Berbicara tentang website, kamu harus benar-benar paham dulu apa komponen penting yang bisa menjadi kan sebuah website benar-benar dapat dikatakan sebagai situs yang profesional. 

Karena aku sangat yakin, ada begitu banyak tujuan baik kamu kenapa ingin membangun website. Menulis, hobi atau menyebarkan berita kebaikan misalnya.

Jika pada tulisan pertama, aku sudah memberikan pengenalan secara mendasar dan lengkap seputar salah satu komponen website seperti hosting, maka pada tulisan ini aku akan memberikan penjelasan secara mendasar dan jelas tentunya, tentang apa itu Domain, pengertian domain dan manfaatnya bagi sebuah website. Setuju?

 

Baca juga : Pengertian Web Hosting dan Manfaatnya bagi Sebuah Website

 

Jika begitu, mari kita mulai dari Pengertian Domain ya.

Pengertian Dasar Domain

Belajar Membuat Website : Mengenal Apa itu Domain dan Manfaatnya bagi Sebuah Website
Ilustrasi domain via WHMCS

Bila kita kutip dari Wikipedia, domain atau Domain Name dalam pengertian dasarnya adalah sebuah nama unik yang diberikan atau disediakan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server ataupun email server di jaringan internet maupun komputer.

Agak bingung ?

Jadi secara sederhana, untuk membangun sebuah website kamu diharuskan memiliki sebuah web hosting untuk menyimpan semua data website kamu nanti nya, dan sebuah nama khusus yang menjadi identitas website mu nanti.

Nama yang dimaksud disini bisa di ibaratkan seperti nama yang kita miliki. Misal Budi ataupun Susi.

Namun, bila nama manusia bisa saja mirip baik sebagian saja atau bahkan memilki kesamaan secara kesuluruhannya, maka berbeda dengan Domain atau nama pada website. Kamu tidak akan dapat menggunakan nama Domain yang sudah ada atau telah terpakai sebelumnya.

Apa artinya ? Itu berarti, hanya 1 domain lah yang dapat dan dijinkan di untuk di gunakan di seluruh dunia. Sampai disini paham kira-kira?

Adapun alasan sederhana yang bisa aku jelaskan, alasan kenapa nama domain tidak boleh sama adalah bertujuan untuk memisahkan 1 situs website dengan website yang lain nya.

Tidak kebayang bukan, bilamana ada 2 nama situs yang sama nama domain nya, namun beda isi file dan pemiliknya, tentu semua akan jadi berantakan bukan?

Sampai disini aku yakin kamu pasti sudah semakin paham. Jika belum aku akan memberikan sebuah ilustrasi sederhana tentang penamaan domain yang tidak boleh sama.

Ilustrasi :

Aku memiliki sebuah website dengan nama domain www.christianfridhobenz.com yang berisi foto tempat-tempat kuliner yang aku pernah kunjungi, lalu seminggu kemudian ada orang dari belahan dunia yang berbeda ternyata ingin membuat website dengan domain yang sama yakni www.christianfridhobenz.com dan dia berencana untuk mengisi website nya dengan konten photography.

Secara logika, 1 domain sudah akan tertaut pada 1 web hosting pertama yang lebih dulu menggunakan domain tersebut. Sehingga jika melihat ilustrasi diatas, maka orang yang hendak menggunakan domain www.christianfridhobenz.com dari belahan dunia berbeda tersebut, tidak akan lagi dapat membeli domain dari penyedia layanan domain apalagi menggunakan domain tersebut.

Itu karena, ketika sebuah domain sudah di koneksi kan pada sebuah web hosting, maka akan secara otomatis, domain tersebut tidak lagi dapat diperjual-belikan , apalagi dipergunakan oleh orang yang lain lagi

Namun jika suatu waktu di dapati sebuah kasus dimana penamaan domain tersebut sangat lah penting, maka aku bisa memberikan saran agar kamu mencoba mencari alternatif lain, seperti mencoba untuk menggunakan atau membeli domain yang sama namun dengan ekstensi domain yang berbeda.

Sebelum sampai kepada ekstensi domain, aku akan memberitahukan kamu terlebih dahulu domain berdasarkan klasifikasi jenisnya masing-masing.

Kita bahas mengenai Jenis-jenis Domain.

Jenis dan Klasifikasi Domain

Domain umumnya memiliki fungsi yang sama, yakni berfungsi sebagai identitas yang mengatasnamakan sebuah website berdasarkan isi dan jenis nya.

Namun berbicara tentang domain, maka erat juga kaitan nya dengan yang namanya ekstensi domain. Secara umum, domain dapat kita bagi menjadi 2 jenis. Kedua jenis ini sebenarnya hanya membedakan mana domain premium dan mana domain yang khusus, serta mana pula domain yang bersifat sub-domain. Beberapa jenis domain antara lain :

TLD atau Top Level Domain

Seperti istilah singkatannya, TLD atau Top Level Domain merupakan domain yang masuk ke dalam kelas domain premium. Pengertian premium yang di maksud disini adalah kamu harus membeli domain tersebut dengan harga yang relatif mahal. Beberapa diantara jenis-jenis domain TLD yang sangat umum dan sering digunakan oleh banyak pengguna website, antara lain :

  1. .com : Ini adalah domain Internasional dan dapat digunakan untuk segala bentuk jenis website, seperti Perusahaan, Blog Pribadi, Bisnis dan masih banyak lagi, Seperti situs aku yang sedang kamu kunjungi ini, juga menggunakan domain dengan ekstensi .com lho.
  2. .net : Ini juga termasuk ke dalam kategori domain premium yang cukup di minati. Banak bisnis dan Perusahaan yang juga menggunakan ini, karena jenis domain nya yang bersifat umum.
  3. .co : Domain TLD .co sejatinya merupakan domain yang berasal dari Amerika, selain itu karena harga nya yang relatif mahal ketimbang 2 domain diatas, menjadikannya sebagai domain yang tidak terlalu sering di gunakan oleh pemilik website. Hanya saja, domain ini juga bersifat umum, beberapa situs berita Nasional kita juga menggunakan domain .co di Portal Berita mereka.
  4. .info : Sama seperti nama nya, umumnya TLD domain dengan ekstensi ,info biasa nya digunakan oleh situs-situs yang memuat informasi di dalam nya. Sehingga .info dapat menjadi simbol apa kira-kira jenis informasi yang di muat dalam website tersebut.
  5. .online : Dari nama ekstensi domain nya saja, kamu pasti sudah bisa menebak bukan, situs apa yang biasa nya menggunakan domain satu ini. Yap. toko online adalah satu pengguna yang paling sering menggunakan domain .online. Meski demikian beberapa blogger juga ada yang menggunakan domain ini untuk situs blog pribadi mereka.
  6. .agency : Jika suatu waktu kamu ingin membeli domain, maka jangan kaget jika melihat domain satu ini dengan harga nya yang sangat melejit alias mahal. Seperti namanya, domain ini secara spesifik sangat cocok untuk situs website bisnis yang memuat bisnis agansi di dalam nya.
  7. Dan masih banyak lagi.

Domain Khusus

Domain khusus yang di maksud disini adalah domain yang pada dasarnya tidak diperjual-belikan secara bebas seperti domain TLD diatas. Beberapa domain khusus yang dimaksud disini bisa berupa domain khusus yang dibuat untuk Pemerintahan atau Instansi di sebuah tertentu. Seperti Indonesia misalnya terdapat beberapa domain khusus yang tak sembarang website dapat menggunakannya. Beberapa diantara nya adalah :

  1. .go.id: Go yang dimaksud adalah Goverment atau Pemerintahan dan id berarti Indonesia. Jika kamu melihat situs website pemerintahan kita di Indonesia. Maka setiap website yang dibawah naungan pemerintah seperti BUMN, BUMD dan Nasional akan memiliki situs dengan ekstensi domain .go . www.indonesia.go.id misalnya .
  2. .co.id : Sama dengan domain .go.id, domain berekstensi .co.id juga merupakan domain khusus resmi dari Indonesia. Co disini berarti Corporate dan Id adalah istilah Indonesia. Maka .co.id umumnya digunnakan oleh situs-situs website Perusahaan yang resm di Indonesia. Apakah harus resmi? Tentu saja, karena butuh beberapa legalitas Perusahaan yang resmi, untuk bisa meregistrasikan domain tersebut ke layanan penyedia Domain di Indonesia.
  3. .ac.id : Ac berarti Academic dan Id berarti Indonesia. Maka domain khusus ini hanya dapat dan relevan bila digunakan oleh situs website Perguruan Tinggi. Mendapatkannya pun, pihak Perguruan Tinggi harus lebih dulu mengirimkan Akta Perguruan Tinggi hingga surat permohonan langsung dari Rektor Perguruan Tinggi yang hendak membeli dan menggunakan domain ini.
  4. .sch.id : Jika kamu bertanya apakah ada domain khusus untuk sekolah di Indonesia, maka domain .sch.id adalah jawabannya. Sch atau School dan Id yang berarti Indonesia, merupakan domain khusus sekolah baik SMP dan SMA yang ada di Indonesia. Syarat kepemilkannya pun sama dengan .ac.id
  5. .gov : Jika keempat domain diatas adalah domain khusus resmi negara indonesia. Maka domain .gov adalah domain khusus dari negara Paman Sam, Amerika. Gov yang berarti Goverment adalah domain khusus yang diperuntukkan kepada situs pemerintahan resmi di Negara tersebut.
  6. Dan masih banyak lagi

Sub-Domain

Domain dan sub domain adalah sama. Seperti nama nya yakni sub , domain satu ini merupakan anak dari domain utama sebuah situs. Jika kamu nantinya akan menggunakan Web Hosting Blogger, WordPress atau 000webhost.com sebagaimana yang ada di tulisan sebelumnya, maka jika menggunakan domain gratis yang mereka sediakan nama domain mu harus memiliki embel-embel dari domain utama si penyedia layanan gratis tersebut, misalnya adalah

  1. Namadomain.blogger.com Nama domain yang kamu inginkan akan berada di bagian Namadomain dan domain utama daripada sub-domain tersebut adalah blogger.com.

Pada kasus ini, jika kamu menggunakan layanan gratis, maka pihak penyedia layanan web hosting dan domain tersebut, akan memberikan kamu sub-domain.

Tujuannya pun beragam, bisa untuk media berpromosi karena memiliki embel-embel domain utama si penyedia layanan gratis nya, atau juga dapat mengirit biaya untuk membeli domain baru.

Belakangan ini, sub-domain justru digunakan untuk membuat situs website baru, dimana di dalam nya terdapat isi yang berbeda dari situs utama si website. Bisa jadi untuk sebuah laman promosi seperti Landing Page, atau kegunaan lainnya.

Tips Memiliki Domain yang sama

Aku cukup yakin, akan ada momen dimana nama domain yang hendak kita beli ternyata telah lebih dulu dimiliki orang lain. Pengalaman pribadi dalam membuatkan website milik klien, ini tentu akan jadi dilema yang cukup berat.

Meski demikian, terdapat solusi andai kata nama domain yang hendak kamu beli dan gunakan telah dimiliki atau lebih dulu dimiliki oleh orang lain.

  1. Kamu dapat memilih opsi untuk mengganti ekstensi domain. Semisal namadomainkamu.com tidak lagi bisa kamu dapatkan, cobalah untuk melirik ekstensi domain yang lain, seperti namadomainkamu.net. namadomainkamu.info dan beberapa ekstensi domain yang lain nya. Ini cukup membantu, bilamana nama untuk domain tersebut sangat penting untuk tetap di pertahankan.
  2. Kamu juga dapat mencoba untuk menambah karakter tanda baca khusus pada nama domain yang telah dimiliki orang tersebut. Misalnya namadomainkamu.com tak lagi tersedia, kamu dapat menggunakan opsi untuk mengunakan tanda baca (-) dan (.) sebagai solusi. Contohnya seperti nama-domainkamu.com atau namadomain-kamu.com . Pada beberapa kasus yang pernah aku alami, sering kali aku akhirnya menggunakan opsi ini dan tak jarang klien pun berterima dengan usulan ini. Tapi perlu di ingat, jika kelak kamu menjadi seorang jasa pembuatan website, jangan lupa untuk lebih dulu menginformasikan beberapa opsi ini kepada mereka ya. Minta ijin dan biarkan klien yang memutuskan.

Kesimpulan

Aku yakin dari kesimpulan yang aku buat dengan sangat sederhana seperti diatas, akan membuat kamu lebih paham apa sebenarnya domain itu dan apa manfaatnya terhadap website yang akan kamu bangun nantinya.

Tidak ada anjuran khusus untuk membeli domain, saran aku beli lah domain yang memang kamu rasa cocok dengan niche/jenis dari website yang akan kamu hendak buat.

Jangan menggunakan domain khusus untuk sekolah atau perguruan tinggi, jika kamu ingin membangun sebuah website toko online. Karena tidak akan nyambung tentunya.

Perlu diketahui, pemilihan nama domain yang mudah dan relevan dengan isi sebuah website, juga sangat membantu orang-orang yang akan mengunjungi website mu nanti. Karena mereka akan sudah langsung paham, jika domain website adalah .online, maka website yang mereka sedang kunjungi adalah merupakan website toko online.

Sekian Belajar Apa itu Domain ? Pengertian Domain dan Manfaatnya bagi Sebuah Website . Jangan lupa untuk meninggalkan komentar, jika memiliki pertanyaan seputar Domain yang kamu gunakan saat ini ya. Semoga bermanfaat.


Artikel Bermanfaat? Bagikan sekarang juga

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here