Prosedur Mengajukan Surat KP (Kerja Praktek) Mahasiswa Ke Instansi Pemerintah

0
311
Artikel Bermanfaat? Bagikan sekarang juga


Prosedur Mengajukan Surat KP (Kerja Praktek) Mahasiswa Ke Instansi Pemerintah Kerja Praktek (KP) merupakan salah satu kegiatan yang wajib diikuti dan dilaksanakan oleh kebanyakan mahasiswa. Meski tak sama seperti Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang dilakukan di SMK, tapi sedikit banyaknya dan aktifitas yang dilakukan didalamnya kurang lebih sama.

Kerja Praktek sendiri diberlakukan untuk memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana situasi di dalam dunia kerja yang sebenarnya. Hal ini bertujuan agar seorang mahasiswa/i dapat beradaptasi dan mempersiapkan dirinya kelak jika sudah dapat menyelesaikan studinya dan melangkah untuk mulai masuk kedalam dunia kerja.

Seperti pengalaman saya sebelumnya, saya juga pernah mengikuti Kerja Praktek yang diberlakukan dikampus saya beberapa waktu lalu. Bertepatan dengan itu, saya mengajukan permintaan untuk melakukan kegiatan Kerja Praktek disebuah Instansi Pemerintah Dinas Pencegahan Pemadam Kebakaran (P2K) yang ada dikota medan.

Lalu bagaimana prosedur yang baik dan benar dalam mengajukan Surat KP (Kerja Praktek) ke Instansi pemerintah? Berikut langkah-langkah nya dalam ‘Prosedur Mengajukan Surat KP (Kerja Praktek) Mahasiswa Ke Instansi Pemerintah‘,

  1. Tanya dan pastikan terlebih dahulu, instansi pemerintah yang ingin kamu jadikan sebagai tempat untuk kamu melakukan kegiatan Kerja Praktek. Dan pastikan kembali apakah mereka mau menerima mahasiswa untuk Kerja Praktek (KP). Ini adalah prosedur paling awal, karena pada surat pengantar kamu harus sudah melampirkan nama perusahaan/instansi pemerintah yang akan menjadi tempat kamu melakukan kerja praktek.
  2. Lengkapi berkas-berkas untuk pengajuan surat pengantar dari kampus kamu. Biasanya kamu diharuskan untuk melengkapi berkas-berkas akademik dan juga administrasi baru bisa mendapatkan Surat Pengantar Kerja Praktek (KP) dari kampus mu.
  3. Kita anggap kamu sudah melengkapi semua persyaratan dikampus dan sudah mendapatkan surat pengantar. Maka langkah selanjutnya ialah kamu harus ke Kantor Walikota daerah tempat kamu berada dan mengantarkan surat pengantar dari kampus tadi ke kantor Bagian Penelitian dan Pengembangan (BALITBANG) untuk menyerahkan surat pengantar dari kampus kamu.
  4. Setelah kamu sudah menyerahkan surat tersebut ke BALITBANG, kamu akan diminta untuk menunggu beberapa hari (biasanya hanya 2 hari saja) untuk kemudian diminta datang kembali ke BALITBANG dan kemudian mengambil surat balasan dari BALITBANG tersebut yang nantinya akan kamu serahkan ke Perusahaan/Instansi Pemerintah yang akan kamu jadikan sebagai tempat kamu melakukan Kerja Praktek.
  5. Jika kamu sudah melakukan keempat poin diatas, maka secara prosedural nya kamu sudah sah dan resmi untuk melakukan kegiatan Kerja Praktek di Instansi Pemerintah tersebut.
  6. Langkah terakhir ialah, kamu hanya perlu berkoordinasi dengan seseorang yang ada dikantor tersebut dan mempunyai wewenang dalam mengurus perihal mahasiswa yang sedang melakukan kegiatan kerja praktek di Instansi tersebut.
     
Bagaimana? Mengurus Surat Kerja Praktek Mahasiswa ke Instansi Pemerintah tidak sesulit yang kamu kira bukan? Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat:)

Artikel Bermanfaat? Bagikan sekarang juga

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here