Tips Sukses Interview Kerja

2
227
sukses interview kerja
Artikel Bermanfaat? Bagikan sekarang juga

Pendahuluan

Semangat pagi teman-teman sekalian. Khususnya untuk kamu yang baru saja lulus  Kuliah maupun sekolah, pasti nya punya rencana dong, apa langkah selanjutnya yang ingin kamu tempuh bukan ? Melanjutkan studi atau bekerja ? Jika bekerja adalah tujuan kamu yang selanjutnya, maka tulisan kali ini mengenai Tips Super Ampuh Sukses Melewati Seleksi Inteview Kerja aku yakin akan sangat bisa bermanfaat untuk kamu.
Baik, ini adalah juga pengalaman pribadi Christian Tarigan, yang pada beberapa kali kesempatan sudah pernah dan berhasil dengan mudah untuk dapat sukses dalam melewati tahap wawancara kerja.
Lalu, apa aja sih yang harus dipersiapkan atau dimatangkan dalam mempersiapkan diri saat hendak ingin melakukan wawancara kerja pada sebuah perusahaan? Akan saya ulas secara singkat, padat dan jelas dalam Tips Super Ampuh Sukses Melewati Seleksi Interview Kerja .
sukses interview kerja

Tips Sukses Interview Kerja

Sebelum membaca keseluruhan tips yang aku berikan, aku sangat menyarankan kamu untuk benar-benar mempraktikkan seluruh tips ini ya, dan kemudian bisa kamu kolaborasi kan dengan berbagai kemampuan terbaikmu juga.

1. Tunjukkan Penampilan Berpakaian Terbaikmu

Seberapa baik kemampuan mu dalam memilih dan mengenakan pakaian ketika menghadiri sebuah acara yang penting dan formal? Jika kamu masih merasa biasa-biasa saja, maka ini akan jadi PR pertama mu ketika ingin sukses interview kerja.
Tim perekrut kerja itu juga Manusia lho. Sama seperti kita yang tertarik dan merasa kagum ketika melihat orang dengan penampilan juga gaya berpakaiannya yang rapi, maka begitu juga dengan hrd perusahaan yang sedang menginterview kamu. Kita berbicara tentang pandangan pertama, maka jika dipandangan pertama saja kamu telah gagal menarik simpati dan kekaguman mereka terhadapmu, maka mungkin besar sekali kemungkinan kamu akan gagal. Jadi pastikan bahwa pakaian yang kamu kenakan saat interview kerja adalah pakaian yang paling menarik ya. Menarik bukan berarti berlebihan, aku yakin kamu pasti bisa memberikan penampilan terbaikmu.

2. Tegas dalam Berbicara

Kenapa ini ada di poin kedua? Ya, karena berdasarkan pengalaman saya, sekian banyak pewawancara kerja dari perusahaan yang saya lamar, sangat memperhatikan gaya bahasa dan cara berbicara para kandidat kerja yang akan di seleksi. Sebenarnya ini adalah hal yang sangat wajar, karena kecakapan komunikasi  dan perawakan yang beribawa adalah modal awal yang paling diperlukan dalam lingkungan bekerja. Tidak tegas atau beribawa nya seseorang dalam berbicara, cenderung menunjukkan kurang poduktifnya orang itu tadi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab nya nanti di kantor.
Tapi tegas bukan berarti berbicara dengan nada yang tinggi seperti orang sedang marah ya :D. Tegas yang aku maksud disini adalah jelas dalam berkata-kata, dan jangan pernah terbata-bata, apalagi sampai harus mengulang-ulang kata yang sama. Dengan menerapkan ini, niscya kamu akan punya penilaian yang positif atas peng-interview yang sedang memwancarai kamu.

3. Menguasai Bidang Pekerjaan yang Dilamar

Nah, jika penampilan dan cara berbicara menurut mu sudah baik dan cakap, maka selanjnutnya adalah perdalam materi bidang pekerjaan yang ingin kamu lamar. Tentunya seorang pewawancara akan menanyakan hal itu pada para calon kandidat yang ingin melamar pada perusahaan tersebut. Penguasaan materi yang baik dan jelas adalah poin tambahan untuk menjadikan mu pelamar yang terpilih dan berhasil bekerja pada perusahaan idaman mu tersebut.
Untuk itu, pastikan sebelum hari wawancara tiba kamu harus mencari tahu sebanyak mungkin informasi tentang Perusahaan yang hendak kamu lamar. Dengan mengetahui sedikit banyak nya informasi tentang Perusahaan tersebut, menunjukkan bahwa kamu memiliki inisiatif untuk mencari tahu lebih tentang tempat dimana kamu akan bekerja nanti. Dan itu adalah nilai plus yang penting.

4. Menjawab setiap Pertanyaan dengan Tegas dan Jelas

Pada sebuah sesi tanya jawab wawancara kerja, pastinya akan ada banyak momen tanya-jawab yang tejadi antara si pewawancara (biasanya adalah bagian rekrutmen (HRD) ) dengan kita si pelamar kerja yang sedang di wawancara, untuk itu jawab lah setiap pertanyaan yang diajukan dengan tegas dan jelas.
Tegas yang berarti memberikan jawaban dengan yakin  dan jelas yang berarti to do point atau langsung menjawab pada poin pertanyaan yang dimaksud. Pada poin ini, jawaban kamu juga sangat berpengaruh pada keputusan apakah kamu adalah kandidat yang terpilih atau tidak. Biasanya para pewawancara dapat menyimpulkan kamu apakah tipikal yang dapat menyelesaikan masalah dengan cepat dan mudah atau tidak. Maka pastikan jawabanmu adalah jawaban yang terbaik ya.

5. Berbicara Secukupnya, Menjawab Seperlunya

Untuk poin ini sebenarnya masih berkaitan dengan poin 2 dan 4. bedanya adalah, pada poin ini penting untuk kamu ketahui, bahwa berbicara secukupnya dan menjawab seperlunya akan membuat kamu terlihat elegan dan juga beribawa.
Kadang beberapa HRD dengan sengaja membuat kamu nyaman untuk berbicara, hingga akhirnya kamu lupa bahwa itu adalah bagian dari jebakan penilaian mereka. Untuk itu pastikan agar kamu hanya menjawab pertanyaan ketika ditanya, dan diminta untuk berbicara saja .

6. Santun dalam Berilaku

Aku sangat yakin kalau teman-teman sekalian adalah pribadi yang santun. Karena santun tak hanya diperlukan dan dipergunakan ketika sedang interview kerja saja, tapi juga dalam keadaan sehari-hari sekalipun. Santun dalam berperilaku menunjukkan kamu bisa diandalkan dalam pekerjaan apapun. Maka usahakan untuk memerhatikan sopan santun ya ketika melakukan wawancara kerja.
Seperti mengetuk pintu sebelum masuk ke dalam ruangan, mengucapkan salam/selamat pagi, dan menjabat tangan penginterview yang akan kamu temui.

Akhiri Interview dengan Sukacita

Jika si pewawancara merasa sudah cukup dengan sesi yang telah berjalan, maka bagaimana pun percakapan sebelumnya, pastikan kamu mengakhiri sesi tersebut dengan baik, santun dan juga ramah. Yakinlah, seorang yang santun adalah pedoman baik bagi semua orang.

Penutup

Dari banyaknya poin-poin yang perlu untuk diperhatikan agar dapat sukses melewati wawancara kerja, saya kira ke-enam poin diatas adalah poin yang cukup sensitif dan perlu untuk mendapat perhatian yang lebih, jika memang kamu mau waktu wawancara kerjamu tidak terbuang begitu saja alias sia-sia.
Meski demikian, apapun hasil dari keputusan pihak rekrutmen sebuah perusahaan, adalah hasil yang mutlah dan kita para kandidat pelamar kerja tetaplah harus menerima dan menghargainya. Jika memang rejeki, jangan khawatirkan satu dua kali kegagalan, tetap berjuang semangat dan sukses selalu. Pastikan kamu melakukan hal yang bermanfaat di keseharian mu ya.

Artikel Bermanfaat? Bagikan sekarang juga

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here